Aceh film festival 2016 angkat tema “Hambo”

  • Whatsapp
Kadisbudpar Aceh dan Direktur Aceh film festival 2016 saat menggelar konfrensi press di Banda Aceh (19/10). (Kanal Aceh/Randi).

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Aceh film festival akan segera dimulai pada malam ini, Rabu (19/10) di gedung pertemuan BKPP Lampineueng Banda Aceh, acara yang bertemakan “Hambo” tersebut akan berlangsung hingga tanggal 22 Oktober mendatang.

Direktur Aceh film festival 2016, Azhari mengatakan, pada AFF 2016 kali ini pihaknya mengangkat tema “Hambo” yang merupakan sebuah ungkapan yang mengandung makna besar bagi masyarakat Aceh.

“Alasan pilihan terhadap tema tersebut sebagai bentuk ruang refleksi atas apa yang telah terjadi di Aceh terutama persoalan HAM yang pernah terjadi di Aceh,” ujarnya di Banda Aceh, Rabu (19/10).

Sehingga, lanjutnya, mampu melahirkan sikap yang berani berpikir, berani memilih, mandiri dalam berbuat melalui proses dialektika seluruh pelaku seni, terutama komunitas yang mencintai film sebagai ruang alternative dalam mewujudkan tema tersebut.

Kemudian, kepala dinas pariwisata dan kebudayaan Aceh, Reza Pahlevi sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Baginya, dari festival tersebut dapat membuka ruang kreasi pemuda untuk bisa bereksperimen dalam hal pembuatan film.

“kita sangat mendukung kegiatan tersebut, kegiatan itu sangat positiv bagi kalangan anak muda,” katanya.

Pada kegiatan itu, pemutaran film Night Bus juga akan digelar bersamaan. Aceh Film Festival pertama kali diadakan pada tahun 2015 lalu. Diinisiasikan oleh Aceh Documentary dan ikut serta beberapa komunitas seni, serta komunitas fllm di Banda Aceh yang gelisah dengan kondisi sosial dan budaya di Aceh yang notabenenya sebagian anak muda cenderung suka pada wacana dan praktik politik sebagai panglima.[Randi]

Related posts