BP2KP gelar lomba asah terampil kelompok tani

(ist)

Bireuen (KANALACEH.COM) – Badan pelaksana penyuluhan dan ketahanan pangan (BP2KP) Kabupaten Bireuen menggelar acara lomba asah terampil kelompok tani tingkat kabupaten yang di buka langsung oleh Bupati Bireuen Ruslan M Daud, Rabu (19/10) di halaman kantor BP2KP setempat.

Bupati Bireun Ruslan M Daud dalam sambutannya mengatakan, lomba asah terampil merupakan ajang pengembangan diri kelompok tani untuk mendapatkan informasi terkait pertanian.

“Peningkatan ketahanan pangan dilakukan dengan delapan cara, yaitu kapasitas SDM petani dengan adanya penyuluhan dan pelatihan,”ujarnya.

selanjutnya, Penguatan peran lembaga ekonomi petani, penerapan inovasi teknologi budi daya pertanian, pengembangan infrastruktur, seperti jalan, air serta perluasan areal pertanian.

Kemudian, peningkatan kerjasama, penyediaan bantuan benih atau bibit kepada petani, pengembangan sistem cadangan pangan lokal dan pengembangan pertanian terpadu dengan memperhatikan lingkungan hidup.

“Saya harap  kepada penyuluh agar terus berkarya memberikan yang terbaik dalam melaksanakan tugasnya melakukan penyuluhan,” pungkasnya.

Sebelumnya, kepala BP2KP Kabupaten Bireuen Mursyid  menyebutkan, lomba asah terampil tersebut diikuti 17 kecamatan dari 17 kelompok tani, dimana tiap kecamatan mengirimkan tiga utusan terbaiknya.

Tujuan lomba asah terampil tersebut, katanya, untuk lebih mempertajam informasi kepada kelompok tani serta untuk menggali informasi yang ada tentang pertanian yang bisa diterapkan kelompok tani di lapangan nantinya.

Pemenang lomba asah terampil tersebut nantinya akan dihadiahi hand tractor, Brush Cutter (pemotong rumpu) serta hand spayer, juga diberikan sertifikat dan piala.[Randi/rel]

Related posts