Kodim 0111/Bireuen bangun 220 jamban untuk masyarakat

Personil dari Kodim 0111/Bireuen sedang membuat jamban. (Ist)

Bireuen (KANALACEH.COM) – Menanggapi program sejuta jamban yang dicanangkan pemerintah, Kodim 0111/Bireuen melalui koramil jajarannya, membangun 220 jamban untuk masyarakat yang kurang mampu.

Pembuatan jamban untuk warga yang ada diwilayah tersebut, merupakan program sanitasi total berbasis masyarakat di seluruh Kabupaten Bireuen. Kodim 0111/Bireuen memiliki 20 koramil dan tiap-tiap koramil membangun 11 jambanisasi.

Dandim 0111/Bireuen, Letkol Arm Adekson, Kamis (20/10) mengatakan, program ini merupakan program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) berbasis masyarakat. Serta, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar (BAB) sembarangan.

“Program stop BAB sembarangan dilakukan melalui kegiatan penyuluhan yang bersifat edutainment untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban,” katanya.

Adekson menambahkan, kegiatan pembuatan dimulai dengan penggalian lubang septic tank milik warga yang belum memiliki jamban di Desa Pante Baro.

Ia menyatakan, masyarakat setempat menyambut dengan antusias, sebab sebelumnya warga setempat terbiasa BAB di sembarang tempat.

“Saya sangat senang dan berterimakasih mendapat bantuan pembuatan jamban, sehingga kami tidak perlu lagi buang air di sungai,” kata warga setempat. [Aidil/rel]

Related posts