Program KOTAKU upaya penanganan kawasan kumuh

Penandatangan komitmen bersama berbagai pihak dengan harapan dapat berkolaborasi mengentaskan permukiman kumuh di Banda Aceh, Kamis (20/10). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal membuka secara resmi lokakarya, sosialisasi dan strategi program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Hotel Sulthan, Banda Aceh, Kamis (20/10).

Illiza dalam sambutannya mengatakan, program KOTAKU adalah salah-satu upaya strategis pemerintah melalui Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman, Ditjen Cipta Karya, dalam rangka percepatan penanganan kawasan kumuh dan gerakan 100-0-100 (100% akses air minum, 0% kawasan kumuh dan 100% sanitasi layak) pada tahun 2015-2019 yang dilaksanakan melalui pendekatan strategi pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat.

“Program ini menggunakan sinergi pendekatan antara pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat, penguatan peran Pemda sebagai nakhoda dan kolaborasi antara pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya di kabupaten/kota,” ujar Illiza.

Lanjutnya, melalui sinergi ketiga pendekatan tersebut diharapkan dapat lebih mempercepat penanganan kumuh perkotaan dan gerakan 100-0-100 dalam rangka mewujudkan permukiman yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.

“Target dari program ini, menurunnya luas permukiman kumuh, terbentuknya kelompok kerja perumahan dan kawasan permukiman (Pokja PKP) di tingkat kabupaten/kota dalam penanganan permukiman kumuh yang berfungsi dengan baik,” katanya. [Fahzian Aldevan]

Related posts