Harga minyak dunia turun

photokonta,.co.id

New York (KANALACEH.COM) – Harga minyak dunia berakhir lebih rendah pada Jumat waktu New York atau Sabtu (29/10) WIB. Harga turun di tengah meningkatnya kecemasan tentang apakah kesepakatan pemotongan produksi dapat tercapai di antara anggota OPEC (Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak).

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember turun 1,02 dolar AS menjadi di 48,70 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara itu, patokan global, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Desember turun 0,76 dolar AS menjadi ditutup pada 49,71 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Para ahli OPEC dan rekan-rekan mereka dari produsen non-anggota termasuk Rusia, memulai pertemuan dua hari pada Jumat tentang pembatasan produksi untuk mengekang kelebihan pasokan global yang telah membebani pasar selama bertahun-tahun. Para pejabat pada pertemuan tersebut belum menyepakati rincian rencana untuk memangkas produksi minyak dan Iran menentang langkah tersebut. Harga minyak mentah berada di bawah tekanan setelah berita tersebut.

Menteri Perminyakan Irak Jabar Ali al-Luaibi mengatakan pada Ahad (23/10) bahwa negaranya, produsen terbesar kedua di OPEC, ingin dibebaskan dari pemotongan produksi karena membutuhkan lebih banyak uang untuk memerangi kelompok militan ISIS. OPEC pada bulan lalu sepakat untuk mengurangi produksi minyak menjadi 32,5 juta barel per hari dari tingkat saat ini 33,24 juta barel per hari guna meningkatkan pasar. [Republika]

Related posts