Kini Manchester City menaklukkan Barcelona

Gelandang Manchester City, Ilkay Guendogan (ketiga dari kiri), merayakan gol keduanya ke gawang FC Barcelona pada laga penyisihan Grup C Liga Champions di Stadion Etihad, Selasa (1/11/2016) atau Rabu dini hari WIB. (AFP)

Manchester (KANALACEH.COM) – Manchester City berhasil menaklukkan FC Barcelona dengan skor 3-1, pada laga penyisihan Grup C Liga Champions di Stadion Etihad, Selasa (1/11) atau Rabu dini hari WIB.

Hasil ini seolah menjadi pembalasan City lantaran pada pertemuan sebelumnya ditaklukkan Barcelona 0-4 di Stadion Camp Nou, 19 Oktober 2016.

Bertindak sebagai tim tamu, Barcelona sanggup unggul terlebih dahuulu pada menit ke-21, melalui tendangan mendatar Lionel Messi.

Akan tetapi, pasukan Josep Guardiola mampu bangkit dan sukses mengunci kemenangan 3-1 berkat dua gol Ilkay Guendogan dan tendangan bebas Kevin de Bruyne.

Berdasarkan statistik UEFA, Messi dkk tampil lebih mendominasi. Mereka tercatat menguasai bola hingga 59 persen.

Namun secara peluang, City lebih baik. Sepanjang 90 menit, City berhasil melepaskan empat tembakan tepat sasaran dari enam percobaan.

Pada paruh pertama, laga berjalan cukup menarik. Meskipun penguasaan bola dikuasai Barcelona, City mampu beberapa kali merepotkan tim asuhan Luis Enrique.

Namun, asyik menyerang membuat City lengah. Saat mereka kehilangan bola, Barcelona dengan cepat membangun serangan balik cepat dan menghasilkan gol Messi pada menit ke-21.

Mendapatkan sodoran dari Neymar, Messi kemudian dengan tenang menaklukkan kiper City, Willy Caballero, lewat sepakan mendatar.

Lesakan itu tercatat sebagai gol ke-90 sang megabintang Argentina dalam ajang Liga Champions. Ia pun diketahui sudah 17 kali membobol gawang klub Inggris.

Berada dalam keadaan tertinggal membuat City termotivasi. Mereka pun perlahan meningkatkan intensitas serangan untuk mengurai pertahananBarcelona.

Perjuangan City itu akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-39. Berawal dari kesalahan bek Barcelona, Sergi Roberto, bola kemudian dikuasai Sergio Aguero dan diberikan kepada Raheem Sterling.

Sterling lantas memberikan umpan silang mendatar yang akhirnya berhasil dituntaskan Guendogan ke gawang Barcelona. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Selepas turun minum, Manchester City langsung tampil menekan. Upaya itu setidaknya memaksa gelandang Barcelona, Sergio Busquets, untuk melanggar David Silva di dekat kotak penalti.

Kevin de Bruyne sebagai eksekutor tendangan bebas tak membuang kesempatan tersebut. Dia melepaskan tembakan kaki kanan ke arah pojok kiri gawang Barcelona yang dikawal Marc-Andre Ter Stegen pada menit ke-51.

Sontak, seisi Stadion Etihad pun bergemuruh. Para suporter merayakan keberhasilan City yang kini berbalik unggul 2-1 atas Barcelona.

Memasuki menit ke-65, Barcelona memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Berawal dari sodoran Luis Suarez, bola kemudian disambar oleh Andre Gomes.

Hanya, keberuntungan tidak menaungi Gomes. Tembakan eks pemain Valencia itu ternyata masih membentur mistar gawang City.

Alih-alih mencetak gol penyama skor, Barcelona justru kembali kebobolan saat laga berusia 74 menit. Gol City kali ini kembali dibukukan oleh Guendogan.

Kronologi gol bermula dari umpan Jesus Navas dari sisi kanan. Bola mengarah ke Aguero, tetapi pada akhirnya dituntaskan Guendogan yang sudah berdiri di depan gawang Barcelona.

Skor 3-1 menjadi hasil akhir laga. Dengan demikian, Barcelona pun terpaksa menunda kelolosan mereka ke babak 16 besar.

Barcelona masih memimpin klasemen Grup C dengan raihan sembilan poin. Adapun City menyusul di bawahnya berkat koleksi tujuh angka.

Manchester City 3-1 FC Barcelona (Ilkay Guendogan 39′, 74′, Kevin de Bruyne 51′; Lionel Messi 21′)

Manchester City (4-1-4-1): 13-Willy Caballero; 5-Pablo Zabaleta, 24-John Stones, 30-Nicolas Otamendi, 11-Aleksandar Kolarov; 25-Fernandinho (6-Fernando 60′); 7-Raheem Sterling (15-Jesus Navas 71′), 17-Kevin de Bruyne (9-Nolito 89′), 8-Ilkay Guendogan, 21-David Silva; 10-Sergio Aguero
Pelatih: Josep Guardiola

FC Barcelona (4-3-3): 1-Marc-Andre Ter Stegen; 20-Sergi Roberto; 14-Javier Mascherano, 23-Samuel Umtiti, 19-Lucas Digne; 4-Ivan Rakitic (7-Arda Turan 61′), 5-Sergio Busquets, 21-Andre Gomes (12-Rafinha 76′); 10-Lionel Messi, 9-Luis Suarez, 11-Neymar
Pelatih: Luis Enrique

Wasit: Viktor Kassai (Hungaria). [Kompas]

Related posts