Kemenhub bantu pulangkan pendemo ke berbagai daerah

Bus-bus yang disediakan Kementerian Perhubungan untuk memulangkan peserta demo 4 November ke daerah masing-masing, Sabtu (5/11). (Kompas)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengerahkan sebanyak 50 bus PPD untuk membantu para peserta demonstrasi 4 November kembali ke daerah masing-masing.

Pengerahan bus tersebut, dikordinir langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto di depan Gedung DPR pada Sabtu (5/11).

“Pengerahan bus ini atas instruksi langsung Bapak Menteri Perhubungan, agar negara tetap melayani publik walaupun itu pengunjuk rasa,” ujar Pudji di Jakarta, Sabtu (5/11).

Pudji menuturkan, sebanyak 15 bus PPD dikerahkan untuk memulangkan para peserta demonstrasi ke wilayah Jabodetabek. Kemudian, lima bus PPD untuk memulangkan peserta ke wilayah Cirebon dan Lampung. Sementara itu 30 bus PPD lainnya disiagakan di Kantor Kemenhub, Jakarta.

Pudji mengimbau kepada para pengemudi agar selalu berdoa sebelum memulangkan para peserta demo ke daerah asalnya. Dirinya juga meminta kepada para pengemudi agar selalu disiplin berlalulintas.

“Selain itu, saya meminta pengemudi istirahat yang cukup, bila mengantuk maka berhenti dulu, antar sampai tujuan dan berhenti tempat aman atau terminal kota tujuan, dan Lapor petugas bila ada hal-hal yang menonjol,” imbuh dia.

Pudji menegaskan, layanan yang diberikan Kemenhub diberikan secara gratis tanpa dipungut bayaran. “Saya tegaskan dilarang memungut biaya, dan lapor kepada petugas bila ada permasalahan. Atas nama Bapak Menteri Perhubungan, diucapkan selamat bertugas,” ujar dia. [Kompas]

Related posts