Cara raup keuntungan ala bos facebook

Nyapres, Mark Zuckerberg gandeng ketua timses Hillary Clinton
Mark Zuckerberg.

Jakarta (KANALACEH.COM)Chief Executive Officer (CEO) Facebook, Mark Zuckerberg, mengatakan bahwa untuk menghasilkan keuntungan, sebuah produk harus melewati tiga fase. Hal itu berlaku pula untuk layanan mandiri milik Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Dikutip dari Business Insider, Minggu (6/11), pria yang akrab disapa Zuck itu memaparkan pemikiran mengenai cara menghasilkan keuntungan dari produk dalam tiga fase tersebut, hingga akhirnya proses monetisasi bisa berjalan dengan baik.

Pertama, sebuah produk harus membangun sebuah pengalaman konsumen yang baik dan terus memperbesarnya. Kedua, memberikan sebuah cara kepada orang-orang untuk berkomunikasi secara alami dengan pelaku bisnis.

Kemudian fase ketiga yaitu memberikan pelaku bisnis berbagai tool untuk menggaet orang-orang tersebut.

Zuck pun menjelaskan bahwa Instagram berjalan dengan baik di fase ketiga. Aplikasi berbagi foto dan video itu telah memiliki lebih dari 1 miliar akun bisnis, menyajikan iklan, dan mulai membuat orang-orang berbelanja dengan mudah.

Para analis meyakini Instagram menghasilkan pendapatan cukup baik, meski Facebook tidak mengungkapkannya.

Namun berbeda dengan Instagram, WhatsApp yang diakuisisi senilai US$ 19 miliar pada 2014 lalu, masih dalam tahap pertama.

Aplikasi tersebut mulai memperlihatkan tanda-tanda peluang pendapatan melalui sebuah pembaruan kebijakan privasi yang menghubungkan akun WhatsApp dan Facebook.

Zuck pun berujar bahwa WhatsApp akan masuk ke fase selanjutnya pada tahun depan. “Kami akan benar-benar mulai bekerja untuk fase selanjutnya pada tahun depan,” tutur Zuck. [Liputan6]

Related posts