Korban banjir Aceh Jaya mengungsi ke masjid dan gunung

Korban Banjir di Aceh Jaya (Dok BNPB/Detik)

Calang (KANALACEH.COM) – Banjir merendam hampir seluruh desa di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh. Akibatnya, warga terpaksa mengungsi ke gunung, masjid dan beberapa tempat lainnya.

Kabid Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya, Fajar Diharta mengatakan, banjir luapan sungai akibat hujan deras ini rata-rata ketinggiannya berkisar antara 60 hingga 70 sentimeter.

Di lintasan yang menghubungkan Banda Aceh dan Meulaboh persisnya di Kecamatan Teunom, genangan air setinggi hingga 1,5 meter.

Menurut Fajar, belum ada data resmi terkait jumlah pengungsi. Pihaknya hingga kini masih mengumpulkan data.

“Hampir seluruh desa warganya mengungsi dan ada titik pengungsian,” kata Fajar, Selasa (8/11).

Banjir ini sudah terjadi sejak Senin (7/11) pagi di beberapa kecamatan. Sementara di Kecamatan Teunom dan Pasi Raya air mulai menggenangi rumah warga sejak semalam.

Di perkirakan, di dua kecamatan tersebut air terus naik mengingat hujan masih mengguyur.

Petugas BPBK Aceh Jaya dibantu Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Pos SAR Meulaboh, dan Pos SAR Banda Aceh mengevakuasi warga.

Menurut Fajar, pihaknya juga meminta bantuan BPBK Aceh Besar. Belum ada laporan adanya korban terkait banjir ini. Namun dipastikan akses jalan di beberapa kawasan terputus.

“Jalan lintas Banda Aceh-Meulaboh masih belum bisa dilewati,” ucap Fajar. [Detik]

Related posts