Ini selisih umur yang tak aman untuk suami-istri

Ilustrasi pasangan suami - istri. (Boldsky)

(KANALACEH.COM) – Selisih umur dalam pasangan suami-istri adalah hal yang wajar. Tetapi, bagaimana jika selisih umur terpaut cukup jauh?

Para ahli berpendapat bahwa selisih umur yang cukup jauh dapat memicu konflik, kesalahpahaman, kekecewaan, bahkan stamina.

Baru-baru ini, para ahli, peneliti, psikolog dan pekerja sosial melakukan penelitian untuk menentukan perbedaan usia yang ideal antara pasangan.

Dilansir dari Boldsky, Selasa (8/11) para peneliti mengungkapkan bahwa potensi perpisahan di masa mendatang meningkat ketika perbedaan usia antara pasangan sangat besar.

Menurut statistik, selisih umur 20 tahun antara suami dan istri bisa memiliki 95 persen kemungkinan untuk bercerai.

Sementara, selisih 10 tahun dapat mengurangi kemungkinan perceraian dengan 40 persen. Sedangkan, jika selisih umur hanya terpaut 5 tahun, risiko perceraian pun hanya 15 persen.

Meski demikian, Anda tak perlu khawatir jika usia Anda dan pasangan terpaut cukup jauh. Karena, cinta yang sesungguhnya tak pernah memandang perbedaan usia.

Dari penelitian ini, dikatakan bahwa masalah yang kerap terjadi pada pasangan berbeda usia adalah kurangnya pemahaman dan empati. Ketika mereka gagal memahami satu sama lain, kesenjangan antara mereka akan meningkat.

Aspek lainnya yang menjadi masalah dalam pasangan berbeda usia yang jauh adalah kondisi kesehatan. Suami yang lebih tua 20 tahun misalnya, kondisi tubuhnya tentu berbeda dengan sang istri yang lebih muda. [Okezone]

Related posts