Massa Desak DPRA dan Gubernur segera proses Reposisi Sulaiman Abda

Massa aksi dari aliansi mahasiswa peduli demokrasi saat beraudiensi dengan kabiro humas pemerintah Aceh di halaman kantor Gubernur, Rabu (9/11). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Puluhan massa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa peduli demokrasi gelar aksi di dua lokasi yaitu Kantor Gubernur dan DPRA terkait reposisi wakil ketua DPRA, Rabu (9/11).

Mereka menuntut Ketua DPRA, Tgk Muharuddin agar memproses hasil paripurna terkait pergantian posisi wakil ketua DPRA sisa masa jabatan 2014-2019 dari Sulaiman Abda kepada M Saleh. Keduanya juga anggota DPRA asal partai Golkar. “Kami meminta pertanggungjawaban pimpinan DPRA atas pergantian Wakil Ketua DPRA. Sampai saat ini sudah 11 bulan belum ada keputusan,” kata kordinator aksi, Saidi Hasan.

Padahal, lanjutnya, Sulaiman Abda telah diputuskan non aktif (diganti) sebagai salah satu pimpinan DPR Aceh, berdasarkan Surat Keputusan DPP Partai Golkar. Sehingga, DPR Aceh telah dua kali mengelar sidang paripurna beberapa waktu lalu.

Kemudian, kata Saidi, ketua DPRA Tgk Muharuddin sudah meneken surat keputusan bahwa sudah ada pengganti Sulaiman Abda. Namun, hingga sekarang belum ada kepastian untuk menggantikan Sulaiman Abda.

Menanggapi hal itu, wakil ketua DPRA, T Irwan Djohan mengatakan, pihaknya tidak bisa melakukan sidang pergantian antar waktu (PAW). Sebab, PAW tersebut harus berdasarkan SK Mendagri.

“Kita masih menunggu SK Mendagri, baru kita bisa melakukan pelantikan,” kata Irwan.

lanjutnya, pihaknya juga sudah menggelar sebanyak dua kali sidang paripurna terkait hal tersebut. Namun pihak dari Gubernur Aceh dan Mendagri tidak menindaklanjuti persoalan itu.

Sebelum berorasi di gedung DPRA, massa sempat mendatangi kantor Gubernur meminta pertanggungjawaban permasalahan itu dan meminta gubernur segera menindaklanjuti hasil sidang paripurna yang digelar oleh DPRA lalu. Dalam hal ini, Plt Gubernur Aceh yang diwakili oleh biro humas pemerintah Aceh, Frans Delian menyampaikan akan segera menyampaikan tuntutan massa kepada Plt Gubernur.

“Tuntutan ini akan segera saya sampaikan kepada Gubernur dan sudah diterima oleh Asisten I untuk diteruskan kepada Gubernur,” ujarnya.

Dalam aksi tersebut, massa meminta Plt Gubernur Aceh, Soedarmo untuk mendesak Kemendagri agar dapat mengeluarkan SK pergantian Wakil Ketua DPRA dari Sulaiman Abda kepada M Saleh. [Randi]

Related posts