PKK Aceh peroleh anugerah gemarikan 2016

Jakarta (KANALACEH.COM) – PKK Provinsi Aceh memperoleh penghargaan GEMARIKAN (Gerakan memasyarakatkan makan ikan) Tahun 2016 Tingkat Nasional yang diberikan oleh Enni Gundarti Tjahjo di Jakarta. Anugerah itu diterima langsung oleh Istri Plt. Gubernur Aceh yang sekaligus sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Ny Ida Yulianti Sudarmo.

Ida Yulianti berharap, anugerah tersebut dapat memotivasi masyarakat Aceh, khususnya para kaum ibu untuk dapat mengupayakan peningkatan konsumsi ikan dalam keluarga.

“Tentunya anugerah ini sebagai bentuk komitmen PKK Aceh dalam memberikan dukungan kepada masyarakat khususnya kaum ibu untuk mewujudkan keluarga sejahtera,” ujar Ida seusai penyerahan anugerah penghargaan di kegiatan Lomba Masak Tingkat Nasional dan SHAL Interfood di Jiexpo kemayoran Jakarta Pusat, Sabtu (12/10) pagi.

Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Provinsi Aceh dikukuhkan pada tahun 2013. Saat itu, PKK Aceh masih diketuai oleh Ny. Niazah A Hamid, istri Gubernur Zaini Abdullah. Pembentukan Forikan difasilitasi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh.

Berbagai kegiatan telah dilakukan oleh Forikan Aceh. Di antaranya sosialisasi Forikan Kabupaten dan kota, demo pengolahan ikan di desa binaan PKK Provinsi Aceh serta pengukuhan Ketua Forikan Kabupaten dan Kota se Aceh.

“Forikan juga telah membuat rapat koordinasi serta lomba masak serba ikan dan lomba inovasi pengolahan hasil laut,” ujar Ida.

Selain itu, Forikan melalui PKK Aceh juga terus memberikan pembinaan dan memberi pelatihan membuat dan mengelola kolam ikan untuk Hatinya PKK (Halaman Teratur Indah Dan Nyaman) di Tujuh Kabupaten dan Kota prioritas daerah pegunungan. Hal tersebut diharapkan bisa mematik gairah masyarakat untuk lebih gemar mengkonsumsi ikan. [Randi/rel]

Related posts