KIP gencarkan sosialisasi bagi pemilih pemula

Siswa melakukan simulasi pencoblosan di Aula SMA 4 Banda Aceh, Sabtu (19/11). kegiatan itu sebagai upaya KIP Aceh dalam melakukan sosialisasi bagi pemilih pemula. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Komisi Independen pemilihan (KIP) gencar melakukan sosialisasi bagi pemilih pemula. Sosialisasi tersebut digelar mulai dari sekolah hingga kampus.

Ketua divisi sosialisasi dan pendidikan pemilih, Hendra Fauzi mengatakan, sosialisasi dilakukan agar para pemilih pemula ini bisa lebih siap dalam menentukan hak suaranya. Kemudian secara teknis, mereka mengerti alur yang harus dilewati di tempat pemungutan suara (tps).

“Kita akan terus kejar semaksimal mungkin, karena pemilih pemula orang yang belum mengerti, belum tau, bagaimana cara masuk, minimal tidak salah coblos,” katanya kepada wartawan saat menggelar sosialisasi di SMA 4 Banda Aceh, Sabtu (19/11).

Dikatakannya, sosialisasi tersebut tidak hanya disekolah saja, pihaknya juga akan melanjutkan kegiatan itu ke masyarakat yang ada di desa. Bagi pemilih pemula, katanya, mereka harus dijelaskan dulu artinya kenapa harus mencoblos saat pilkada.

“Apabila mereka sudah memahami, para pemilih pemula ini nantinya akan sadar bahwa menggunakan hak suara adalah kewajiban untuk memilih pemimpinnya kedepan,” ujarnya.

Disamping itu, kegiatan itu tentunya untuk menekan angka golput dikalangan pemilih pemula.

Pengamatan waspada dilokasi, para siswa diberikan pemahaman melalui materi kepemiluan, setelah itu para siswa diajak untuk melakukan simulasi pencoblosan di tps yang sudah disediakan.

Melihat kegiatan tersebut, puluhan siswa juga mengapresiasi langkah KIP untuk mensosialisasikan sampai ke sekolah-sekolah. Salah seorang siswa SMA 4 Banda Aceh, Aulia mengatakan, baginya kegiatan tersebut bisa menambah pengetahuan dan tata cara untuk melakukan pencoblosan di TPS, meskipun baru pertama kali dilakukannya.

“dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, kita jadi tau tahapan yang dilakukan sebelum memilih dan pencoblosan,” katanya.

Ditempat berbeda, KIP juga melakukan sosialisasi bagi pemilih pemula bagi mahasiswa di kampus UIN Ar-raniry. Dengan mengusung tema ‘Sosialisasi Pemilih Cerdas Berdemokrasi’ diharapkan mampu menekan angka golput di Aceh. [Randi]

Related posts