Zaini Abdullah: masyarakat akan dapat nikmati jalan Lamno-Jantho

(ist)

Meulaboh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh non aktif, Zaini Abdullah mengatakan, masyarakat Aceh khususnya yang berada di wilayah bagian barat selatan akan dapat menikmati jalan alternatif Lamno-Jantho.

Pernyataan itu disampaikannya, saat seorang warga Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat, Bustaman menanyakan perihal pembangunan terowongan Geurutee kepada Zaini Abdullah pada kampanye dialog dengan masyarakat Aceh Barat, Minggu (20/11) malam.

Dikatakan Zaini, pembangunan terowongan Geurutee itu akan segera dibangun oleh Pemerintah Pusat. Zaini menambahkan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono juga telah meninjau lokasi itu.

“Kira-kira panjang terowongan itu 1,7 km. Pembangunan itu adalah janji dari Pemerintah Pusat,” ujar Zaini. Ia yakin, janji itu akan dipenuhi oleh Pemerintahan Jokowi.

Karena terowongan itu belum dibangun, jika terputusnya jalan wilayah barat selatan-Banda Aceh akibat longsor atau hambatan lainnya, kata Zaini, maka masyarakat dapat menggunakan jalur alternatif Lamno-Jantho.

“Jadi, untuk sementara apabila terputusnya jalan wilayah barat selatan-Banda Aceh, bisa menggunakan jalur Lamno-Jantho,” kata Zaini.

Jalan alternatif itu merupakan bantuan dari Kementerian Pertahanan RI. Sebab, pihak kementerian telah membantu Papua. Jadi, sambungnya, Aceh juga harus ada.

“Sebenarnya ada lima jalan, tapi jalan ini yang lebih saya prioritaskan,” sebutnya.

Pangdam IM, Mayjen Tatang Sulaiman saat meninjau pembangunan jalan alternatif Lamno-Jantho beberapa waktu lalu, menyebutkan jalanan itu sudah lima kilometer yang dibuka dan tinggal delapan kilometer lagi yang akan diselesaikan.

Ia yakin pembangunan jalan itu akan selesai tepat waktu, walaupun ada beberapa kendala. “Ada beberapa daerah yang medannya bebatuan dan progresnya lama karena harus di- blasting (peledakan). Untuk daerah yang relatif mudah di situ nanti percepatan akan dikejar,” ungkap Tatang. [Aidil Saputra]

Related posts