BNPT dan FKPT adakan dialog tentang pencegahan terorisme

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh melaksanakan pemberdayaan masyarakat berupa Dialog Pelibatan Masyarakat Di Kalangan Tokoh Sosial Budaya Dalam Pencegahan Terorisme Di Provinsi Aceh di Aula Hotel Mekah, Banda Aceh Senin (21/11).

Dialog tersebut dilaksanakan untuk memberi pemahaman tentang jihad, radikalisme dan terorisme serta program islam damai bagi tokoh sosial dan budaya di Aceh. Selain itu, tujuan dilaksanakan dialog ini adalah guna meningkatkan pemahaman dan deteksi dini tentang bahaya radikalisme dan terorisme bagi tokoh sosial dan budaya di Aceh.

Adapun yang menjadi sasaran kegiatan pemberdayaan masyarakat tersebut berjumlah 150 orang yang terdiri dari unsur tokoh sosial dan budaya, akademisi, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, mahasiswa, SKPA dan instansi/lembaga terkait di Kota Banda Aceh.

Dalam dialog tersebut juga menghadirkan empat narasumber yaitu, diantaranya Anwar Sanusi (Koordinator Kelompok Ahli BNPT), Abdurrahman Ayub (Mantan Tokoh Jaringan Terorisme), Badruzzaman Ismail (Ketua Majelis Adat Aceh – MAA), dan Al Chaidar (Pengamat Terorisme).

Sekretaris utama (SESTAMA) BNPT, Mayjen TNI. R. Gautama Wiranegara mengatakan, bahwa upaya pencegahan paham radikalisme dan aksi terorisme tidak semata mata menjadi tanggung jawab pemerintah melainkan juga tanggung jawab bersama seluruh komponen bangsa.

Menurutnya, kearifan lokal melalui struktur sosial dan budaya yang ada di Aceh merupakan aset strategis bangsa, dalam mencegah tumbuh kembangnya benih-benih paham radikalisme dan aksi terorisme di Aceh. [Randi/rel]

Related posts