Cina lindungi 3.000 warga yang melarikan diri dari Myanmar

indianaexpress.com

Beijing (KANALACEH.COM) – Pemerintah Cina mengatakan telah memberikan perlindungan terhadap lebih dari 3.000 orang yang melarikan diri dari Myanmar. Konflik yang terjadi tepatnya di Rakhine dilaporkan telah menyebabkan Negeri Tirai Bambu juga melakukan penjagaan ketat di wilayah perbatasan negara.

Cina meminta semua pihak dalam konflik yang terjadi antara etnis minoritas Myanmar Rohingya dan pasukan militer negara itu menahan diri. Beijing melaporkan setidaknya ada 3.000 orang dari Rakhine yang melarikan diri ke wilayah Cina telah diberi perawatan di rumah sakit.

“Otoritas Cina telah merespons dengan cepat dan menangani situasi dengan tepat. Setidaknya 3.000 warga dari Myanmar telah dibawa ke rumah sakit di Provinsi Yunnan,” ujar juru bicara kedutaan besar Cina di Myanmar, Pan Xuesong, Selasa (22/11).

Dalam laporan dari surat kabar Global Times, konflik di Rakhine juga membuat situasi di Cina tidak aman. Setidaknya ada sebuah bom yang jatuh di wilayah perbatasan dan membuat gedung pemerintah mengalami kerusakan. Satu warga juga dilaporkan mengalami cedera.

Eskalasi pertempuran di Rakhine membuat warga etnis Rohingya yang berada di wilayah barat Myanmar itu melarikan diri. Kebanyakan dari mereka pergi ke Bangladesh. Namun, pertempuran juga mendorong warga untuk masuk ke Cina yang terletak di utara negara bagian itu. [Republika]

Related posts