Digelar dua kali, Ini jadwal debat calon Gubernur Aceh

Para calon gubernur/wakil gubernur melepaskan burung merpati bersama seusai deklarasi Pilkada damai di Aula Mapolda Aceh, Kamis (10/11). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Komisi Independen Pemilihan (KIP) telah menjadwalkan dua kali debat kandidat pasangan calon gubenur dan wakil gubernur Aceh kontestan Pilkada 2017. Debat kandidat terbuka akan digelar di Kota Banda Aceh.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi mengatakan, debat kandidat akan dilakukan masing-masing pada 22 Desember 2016 dan 5 Januari 2017. “Jadwal itu diputuskan berdasarkan kesepakatan tim kampanye calon,” katanya, Senin (28/11).

Menurutnya, debat kandidat pasangan cagub dan cawagub Aceh pertama akan disiarkan langsung oleh televisi nasional. Sedangkan debat kandidat kedua disiarkan oleh televisi lokal.

Ada enam pasangan cagub dan cawagub yang yang akan bertarung di Pilkada 2017 yakni petahan Zaini Abdullah-Nasaruddin; Zakaria Saman-Teuku Alaidinsyah; Abdullah Puteh-Sayed Mustafa. Ketiga pasangan maju dari jalur independen atau perseorangan.

Berikutnya adalah pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah yang diusung koalisi Partai Demokrat, Partai Nasional Aceh (PNA), PDIP dan PKB. Pasangan Muzakir Manaf-TA Khalid, diusung Partai Aceh, Partai Gerindra, PKS, PPP kubu Djan Faridz. Pasangan Tarmizi A Karim-T Machsalmina Ali yang diusung Partai Golkar, Nasional Demokrat, PPP kubu Romahurmuzy dan PKPI. [Okezone]

Related posts