Tidak bisa lepas dari ponsel tanda menderita Nomophobia

Ilustrasi sibuk main ponsel.

(KANALACEH.COM) – Teknologi yang ditawarkan ponsel rupanya dapat memberi efek candu. Hal itu dapat berdampak pada perubahan perilaku hingga menyebabkan fobia.

Fobia yang berkaitan dengan ponsel bukan berarti penderitanya langsung lari ketika melihat ponsel. Melainkan mereka sama sekali tidak bisa lepas dari ponsel.

Selain itu masih ada fobia lain yang disebabkan oleh hal-hal tak terduga. Berikut pemaparannya sebagaimana dikutip Thehealthsite, Senin (5/12).

Takut dengan jenggot

Pogonophobia adalah sebutan bagi mereka yang takut atau fobia dengan jenggot. Kata Pogon dalam bahasa Yunani bermakna takut akan jenggot.

Biasanya, pogonophobia dialami wanita saja. Namun tak jarang, pria juga bisa mengidap hal yang sama. Meski sebenarnya penyebab utama dari fobia ini belum diketahui, namun biasanya mereka punya trauma terhadap orang-orang berjenggot tebal.

Takut jatuh cinta

Fobia takut jatuh cinta biasa disebut dengan philophobia. Mereka cenderung akan menutup diri dan tidak mudah berbaur dengan lawan jenis. Umumnya, pengidap fobia ini sempat merasakan sakit hati mendalam ketika menjalin hubungan dengan orang lain. Entah karena perlakuan pacar, atau ketakutan terhadap komitmen. Tapi ketika menemukan sosok yang klop dan belajar memotivasi diri, fobia ini bisa hilang dengan sendirinya.

Takut tua

Nampaknya semua orang berpotensi mengalami hal ini. Takut menjadi tua itu wajar, tapi jika reaksinya berlebihan maka bisa disebut fobia.

Mereka yang takut menjadi tua biasanya melakukan perawatan kecantikan ekstra demi menjaga penampilannya agar tidak terlihat tua. Kemudian ketika melihat ada uban di rambutnya atau kulit wajah yang mengeriput, penderita gerontophobia akan lebih mudah stres berkepanjangan.

Takut dengan wanita cantik

Tak hanya disinetron atau layar kaca belaka. Ketakutan dengan wanita cantik juga bisa terjadi di kehidupan nyata. Rupanya tak hanya pria yang berpotensi akan fobia ini, wanita juga demikian.

Pria yang takut terhadap wanita cantik biasanya tak bisa berkutik jika didekati wanita cantik. Lalu wanita yang mengalami fobia yang disebut caligynephobia ini akan terasa terintimidasi dengan kehadiran wanita yang lebih cantik darinya.

Tidak bisa lepas dari ponsel

Kecanggihan yang ditawarkan ponsel, rupanya jadi penyebab utama nomophobia atau merasa takut dan tidak bisa lepas dari ponsel. Efek candu terhadap teknologi yang membuat fobia ini dialami seseorang.

Mereka yang mengalami fobia ini akan mengalami stres berat ketika tidak ada ponsel di genggamannya atau ponselnya hilang. Biasanya, mereka akan sedia banyak powerbank untuk menjaga ponselnya tetap aktif dan panik berlebihan jika ponselnya tidak ada sinyal. [Okezone]

Related posts