12.560 rumah dan 49 masjid di Pidie Jaya rusak akibat gempa

(ist)

Pidie Jaya (KANALACEH.COM) – Gempa berkekuatan 6,5 SR yang mengguncang Aceh telah mengakibatkan 12.560 rumah dan 49 masjid di Pidie Jaya rusak. Pidie Jaya merupakan daerah terparah dilanda gempa darat dengan kedalaman 10 Km.

Sedangkan jumlah pengungsi akibat gempa sebanyak 10.024 jiwa yang tersebar di 28 titik. Namun sebagian dari pengungsi lebih memilih tinggal di rumah saudara yang rumahnya masih bisa digunakan.

“Bukannya hanya rumah warga yang rusak, tetapi ada juga sejumlah ruas jalan dan jembatan,” kata Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas, Kamis (8/12) di Pidie Jaya.

Kata Aiyub Abbas, ruas jalan nasional yang rusak sepanjang 10 Km, ruas jalan provinsi 8,5 Km dan ruas jalan kabupaten sepanjang 65,16 Km.

Sedangkan jembatan yang rusak, sebutnya, ruas jembatan nasional 8 unit, ruas jembatan provinsi 4 unit dan ruas jembatan kabupaten 13 unit. “Meskipun rusak tidak terlalu parah, tetapi baik ruas jalan dan jembatan harus segera diperbaiki,” sebutnya.

Untuk memperbaiki ruas jalan dan jembatan yang rusak. Aiyub Abbas merincikan membutuhkan anggaran mencapai Rp 302 miliar lebih. Baik untuk memperbaiki ruas jalan maupun jembatan yang rusak.

“Sedangkan total yang dibutuhkan anggaran untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi di Pidie Jaya sebanyak Rp 901 miliar lebih,” tukasnya. [Merdeka]

Related posts