Kunjungi Pidie Jaya, Panglima TNI sebut siap siaga bantu korban gempa

  • Whatsapp
Panglima TNI Gatot Nurmantyo kunjungi korban gempa Pidie Jaya, Kamis (8/12). (Kanal Aceh/Rajali)

Meureudu (KANALACEH.COM) – Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo bersama Menteri Kesehatan, Nila Juwita Moeloek berkunjung ke posko tanggap darurat bencana gempa di Kantor Bupati Pidie Jaya, Meureudu, Kamis (8/12).

Dalam kunjungan tersebut Panglima TNI menyempatkan diri berkomunikasi dengan sejumlah warga setempat. Panglima TNI memerintahkan kepada Pangdam Iskandar Muda Aceh untuk mendirikan posko tanggap darurat.

Panglima TNI juga perintahkan kepada bawahannya dan pihak terkait untuk tetap siap siaga dalam membantu korban gempa Aceh di Kabupaten Pidie Jaya, Pidie, dan Kabupaten Bireuen.

Ia mengaku, kunjungannya ini merupakan perintah Presiden RI, Joko Widodo untuk terus memberikan pelayanan dan penanganan kepada korban gempa Aceh. Salah satunya, dengan mendirikan Posko atau rumah sakit lapangan tepat di tengah-tengah lokasi pasca gempa tersebut.

“Sebagaimana perintah Pak Presiden Jokowi kepada Panglima TNI, maka diperintahkan untuk mendirikan posko tanggap darurat. Tim gabungan juga sudah mendirikan Posko tanggap darurat di halaman kantor Bupati Pidie Jaya,” ujar Jenderal TNI Gatot Nurmantyo kepada wartawan di lokasi gempa yang terletak di Desa Mesjid Tuha, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya.

Menteri Kesehatan RI, Juwita Moeloek memerintahkan kepada bawahannya khususnya yang ada di Dinas Kesehatan Pidie Jaya untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada para korban, terutama untuk obat-obatan harus tercukupi semuanya.

Menurutnya, sebagaimana data dari BNPB, hingga siang ini korban yang meninggal dunia terus bertambah, yaitu sudah mencapai 99 orang. [Rajali Samidan]

Related posts