Gempa 7,7 SR guncang Kepulauan Solomon, tak ada tsunami

Gempa di Kepulauan Solomon, Jumat (9/12). (Screenshot USGS)

Solomon (KANALACEH.COM) – Gempa bumi mengguncang kawasan dekat Kepulauan Solomon. Peringatan akan adanya gelombang tsunami dimunculkan.

Dilansir CNN, Jumat (9/12), gempa bumi itu berkekuatan 7,7 Skala Richter (SR). CNN mendapatkan informasi itu dari US Geological Survey (USGS).

Belum ada informasi soal kerusakan yang ditimbulkan akibat guncangan gempa ini. Belum ada pula kabar soal ada atau tidaknya korban jiwa akibat gempa ini.

Dari pemantauan BMKG, gempa yang terjadi di Kepulauan Solomon berkekuatan 7,8 SR. Berdasarkan data dari Intergovermental Oceanographic Commission of UNESCO (IOC) tsunami lokal terjadi di sekitar pusat gempa di Kepulauan Solomon dengan ketinggian hanya 0,12 meter.

“Terjadi gelombang tsunami tapi sangat kecil hanya sekitar 0,12 meter. Jadi tidak akan berdampak ke wilayah Indonesia atau berdampak meski di Papua,” tambahnya.

Sebelumnya, gempa itu mengguncang Kepulauan Solomon pada pukul 9.38 pagi waktu setempat. Episentrum gempa berada di 68,2 kilometer dari pulau Kirakira, pada kedalaman 48 kilometer.

Sempat diprediksi, gelombang tsunami akan terjadi dalam tiga jam ke depan setelah gempa mengguncang Kepulauan Solomon. Peringatan ini dikeluarkan oleh Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (Pacific Tsunami Warning Center). Peringatan tsunami juga sampai ke Hawaii.

Tak ada tsunami

“Berdasarkan data yang tersedia, tak ada ancaman tsunami ke Negara Bagian Hawaii. Maka, pengamatan tsunami untuk hawaii kini dibatalkan,” kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (Pacific Tsunami Warning Center) lewat situs resminya, Jumat (9/12).

Besaran kekuatan gempa Kepulauan Solomon itu memang sempat berbeda-beda antara informasi satu dengan lainnya. Reuters sempat menyebut kekuatan gempa itu adalah 8,0 SR, CNN menyebut 7,7 SR, dan kini Pusat Peringatan Tsunami Pasifik menyatakan kekuatan gempa itu adalah 7,8 SR, berada pada koordinat 10.7 Selatan dan 161.4 Timur. Waktu gempa adalah 8 Desember 2016 pukul 07.39 AM waktu Hawaii (HST).

“Ini (tak ada ancaman tsunami ke Hawaii) adalah pesan final yang diterbitkan untuk peristiwa ini kecuali ada data tambahan yang diterima,” kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

Episentrum gempa berada di 68,2 kilometer dari pulau Kirakira, pada kedalaman 48 kilometer. [Detik]

Related posts