Pemprov Sumatera Barat kirim 1 ton rendang bantu korban gempa Aceh

Padang (KANALACEH.COM) – Warga di Sumatera Barat ikut berduka atas gempa 6,5 skala Richter (SR) di Aceh yang merenggut 100 orang korban jiwa. Pemprov Sumbar pun mengirim bantuan logistik termasuk 1 ton rendang untuk korban gempa di Serambi Makkah.

“Kalau mi instan sudah banyak yang memberikan bantuan itu, maka kita putuskan memberikan bantuan rendang sebanyak 895 kilogram dan besok akan disalurkan lagi, jadi rencananya sebanyak 1 ton untuk korban gempa,” kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat melepaskan pengiriman bantuan ke korban gempa Aceh di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Jalan Jenderal Sudirman, Padang, Jumat (9/12).

Irwan berharap, bantuan tersebut bisa sampai tepat sasaran dan bisa dinikmati oleh korban gempa di Aceh. “Rendang tidak cepat basi dan bisa dimakan para korban,” katanya.

Ia mengajak warga di Tanah Minang untuk menyumbang rending untuk korban gempa di Aceh. Posko penerima bantuan dibuka di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar.

“Jika ingin menyalurkan bantuan tersebut bisa mendatangi Kantor BPBD Sumbar, kita siap menyalurkan bantuan tersebut,” ucapnya.

Jajaran SKPD di Sumbar juga diminta menyiapkan rendang untuk dikirim ke korban gempa Aceh. “Kita memang meminta kepada SKPD dan dinas-dinas di provinsi untuk menyiapkan rendang yang akan disalurkan kepada korban bencana,” tuturnya.

Kepala Pelaksana BPBD Sumbar, Nasridal Patria menambahkan, selain bantuan rendang, provinsi itu juga menyalurkan bantuan uang tunai senilai Rp450 juta yang berasal dari Baznas Sumbar senilai Rp100 juta dan Pemprov Sumbar Rp350 juta.

“Kita juga menyalurkan bantuan berupa dua unit mobil tangki air bersih dari PMI Sumbar dan relawan PMI empat orang dan BPBD Sumbar enam orang, dan selebihnya relawan ini sudah berangkat pada saat gempa,” ujarnya. [Okezone]

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan