Penulis buku ‘Membongkar Gurita Cikeas’ tutup usia

kompas.com

Jakarta (KANALACEH.COM) – Penulis buku ‘Membongkar Gurita Cikeas’ George Junus Aditjondro tutup usia. Dikabarkan, George Junus meninggal karena sakit di Palu pada pukul 05:45 Wita atau 04:45 WIB.

Kabar mengenai wafatnya sosiolog kenamaan Indonesia itu juga dihembuskan oleh Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri melalui akun Twitternya @hanifdhakiri. Bahkan dalam cuitannya, Menteri Hanif menyebut George sebagai guru dan mentornya dalam politik.

“Duka mendalam wafatnya seorang tokoh reformasi. Guru&mentor politik sy semasa mahasiswa di Salatiga: George Junus Aditjondro. Rest in peace,” cuit akun tersebut, Sabtu (10/12).

Nama Aditjondro menjadi dikenal luas sebagai pengkritik pemerintahan Soeharto mengenai kasus korupsi dan Timor Timur. Ia sempat harus meninggalkan Indonesia ke Australia dari tahun 1995 hingga 2002 dan dicekal oleh rezim Soeharto pada Maret 1998.

Di Australia ia menjadi pengajar di Universitas Newcastle dalam bidang sosiologi. Sebelumnya saat di Indonesia ia juga mengajar di Universitas Kristen Satya Wacana. [Sindo]

Related posts