LSM inspirasi pemuda Aceh bantu korban gempa

Penyerahan bantuan dari LSM IPA untuk korban gempa Pidie Jaya. (Ist)

Meureudu (KANALACEH.COM) – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Inspirasi Pemuda Aceh (IPA) bekerjasama dengan Indosat Oredoo menyalurkan bantuan untuk korban musibah gempa yang mengguncang Kabupaten Pidie, Pidie Jaya dan Bireuen.

Menurut direktur LSM IPA, Aidil Mashendra mengatakan, pihaknya sengaja menggandeng Indosat Ooredoo karena indosat senantiasa tanggap dan peduli terhadap keadaan darurat bencana di Aceh sejak tahun 2004 lalu.

“Setelah melakukan assesmen awal selama dua hari, LSM IPA berhasil mengumpulkan data korban dan titik-titik pengungsian yang tersebar di kecamatan Bandar Baru, Pante Raja, Trienggadeng, Meureudu, Meurah Dua, Ulim, Jangka Buya Kabupaten Pidie Jaya. Bantuan mulai kami distribusikan pada hari Sabtu berupa sembako 1000 paket, kursi roda 8 buah,  genset 10 unit, kain sarung 500 lembar, selimut 450 lembar, dan santunan 100 kepala kelaurga,” sebutnya dalam rilis yang diterima, Minggu (11/12).

Teuku Syawal selaku ketua Posko Bencana LSM IPA menambahkan bantuan sembako langsung disalurkan ke masyarakat korban gempa dengan mendatangi rumah dan posko pengungsian, dalam paket sembako juga mensisipi popok untuk anak-anak dan pembalut wanita.

“Kami terus berusaha maksimal dalam membantu korban gempa selain sembako kami juga memberi santunan kepada korban serta kursi roda bagi yang benar-benar membutuhkan, rencana LSM IPA juga akan mengunjungi sekolah dengan memberikan terapi trauma healing bagi siswa sehingga tidak ada lagi rasa ketakutan yang mendalam dalam menatap masa depan meraka,” ujar Syawal.

Untuk diketahui, berdasarkan update data per tanggal 11 desember 2016 dari BPBA dan Pemerintah Aceh, total korban jiwa yang meninggal yang sudah terindetifikasi 93 orang dari 101 korban, luka-luka 666 jiwa dan jumlah pengungsi mencapai 65.064 jiwa dari 94 titik, kerusakan mesjid sebanyak 58 unit, meunasah 88 unit, rumah 11.378 unit, ruko 109 unit dan kantor desa 5 unit serta jalan lingkungan di perkirakan  14.800 meter, jembatan desa terdata 50 unit di tambah kantor pemerintahan 4 unit, sekolah 188 unit. [Aidil/rel]

Related posts