Paska gempa Pijay, Puan : kami harus bertindak cepat

Menteri Kordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. (Kanal Aceh/Randi)
Menteri Kordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Paska gempa yang melanda Pidie Jaya sepekan lalu, Menteri Kordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani mengatakan, pihaknya akan segera bertindak cepat dalam hal pembangunan rekontruksi bangunan yang hancur akibat gempa.

Hal itu dikatakan Puan Maharani kepada wartawan usai memberikan bantuan kepada pasien korban gempa Pijay di RSUZA, Banda Aceh, Rabu (14/12) sore.

Dikatakannya, besok presiden Jokowi akan turun langsung ke Pidie Jaya untuk menindaklanjuti tanggap darurat yang yang masih berlaku saat ini.

“Presiden bersama menteri akan kembali meninjau Pidie Jaya untuk melihat kira-kira apa saja hal yang kami harus lakukan untuk bertindak cepat paskah gempa di Pijay,” katanya.

Kunjungan ini, lanjut dia, juga akan meninjau perbaikan Mesjid, Pesantren, Sekolah dan bangunan lainnya yang rusak akibat gempa. Sehingga, tindaklanjut dari tanggap darurat ini harus disikapi dengan pembangunan dan tidak harus menunggu lagi.

Oleh karena itu, kunjungan Presiden yang kedua kali ke Pijay ini nantinya juga berkordinasi dengan BNPB untuk menghitung kerusakan yang terjadi dan apa saja kekurangan yang harus cepat di lakukan untuk memenuhi kebutuhan pengungsi.

“Agar tanggap darurat ini cepat ada pergerakannya atau pembangunan untuk daerah yang mengalami kerusakan,” ujarnya.

Tambahnya, warga yang masih mengungsi nanti akan dibuat per wilayah agar lebih mudah diidentifikasi, sehingga lebih detail dan tepat sasaran dalam hal menghitung kerugian yang dialami. Setelah itu, akan dilakukan kordinasi dengan Pemerintah Daerah.

“Kalau sekarang ini dikumpulkan per wilayah agar mudah diidentifikasi. Sehingga tidak menumpuk, dan kita juga akan menghitung kerugian apa  saja dan apa yang harus dilakukan oleh pemerintah pusat bersinergi dengan Pemerintah Daerah,” tambahnya. [Randi]

Related posts