Tenaga kerja asal China serbu RI, sweeping harus dilakukan

Ilustrasi. (beritasatu.com)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Tenaga kerja asal China kembali menyerbu Indonesia. Besarnya kesempatan kerja di Indonesia terhadap tenaga kerja asing menjadi salah satu penyebab dari banyaknya tenaga kerja asal China yang datang ke Indonesia.

Pemerintah pun dituntut untuk tidak tinggal diam. Menurut Ekonom Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Bhima Yudhistira, Kementerian Tenaga Kerja harus melakukan inspeksi mendadak pada beberapa proyek konstruksi di Indoensia. Sebab, ditengarai tenaga kerja asal China banyak yang menyasar proyek konstruksi.

“Kemenaker perlu bekerjasama dengan Kemenkumham untuk melakukan sweeping pada proyek konstruksi,” tuturnya, Jakarta, Rabu (21/12).

Menurutnya, banyaknya tenaga kerja asal China yang bekerja di Indonesia dapat mengancam tenaga kerja asal Indonesia. Untuk itu, pemerintah diminta untuk tegas dalam menetapkan sektor-sektor apa saja yang dapat dibuka untuk tenaga kerja asal China.

“Pemerintah juga jangan pasif. Ada sekira 20 ribu tenaga kerja asal China. Sidak juga perlu dilakukan,” tutupnya. [Okezone]

Related posts