Tiga terduga teroris di Tangsel ditembak polisi hingga tewas

Penggerebekan teroris di Tangerang Selatan, Rabu (21/12). (Tempo)
--Ads--
loading...

Tangerang (KANALACEH.COM) – Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ayi Supardan mengatakan, tiga orang terduga teroris meninggal dalam proses penggerebekan yang dilakukan Densus 88, Rabu (21/12).

Ayi mengatakan dalam proses pengamanan dan penegakan hukum, kepolisian berhasil mengamankan satu orang terduga Pelaku Tindak Pidana Terorisme dan dilakukan upaya tegas yang mengakibatkan tiga pelaku meninggal di tempat.

Personel Densus 88, Puslabfor Mabes Polri, DVI, Pusdokes, Sat Reskrim Polres Tangerang Selatan dibantu beberapa instansi samping seperti pemadam kebakaran sedang berada di tempat kejadian perkara.

Ads

Adapun lokasi kejadian yakni di Rt 002/RW 01 desa Babakan, kecamatan Setu, Tangerang Selatan, Banten. Sementara itu, proses kejadian terjadi pada pukul 09.00 WIB dan dilakukan pengamanan.

Polisi melakukan tembakan ke pelaku sebab adanya perlawanan dari ketiga terduga teroris yang diketahui bernama Omen, Helmi, dan Irwan saat Densus berupaya mengamankan mereka. Pelaku sudah diminta untuk menyerah, tapi melawan dengan melempar bom kepada aparat.

Setelah pelemparan bom, terjadi kontak tembak antara pelaku dan Densus. Namun, akhirnya Densus berhasil melumpuhkan para pelaku.

Bom yang ditemukan dari hasil penggerebekan terduga teroris di Tangerang Selatan, Banten, sudah berhasil diledakkan.

“Iya, tadi ada dua bom yang sudah berhasil diledakkan oleh tim penjinak bom. Masih ada bom lainnya yang dalam proses penjinakan juga,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Mochammad Iriawan di lokasi kejadian, Rabu (21/12).

Ia menjelaskan, proses penjinakan dilakukan secara hati-hati. Maka itu, warga diminta untuk menjauh karena masih dalam proses pengamanan.

Begitu juga dengan tiga terduga teroris yang tewas dari hasil penggerebekan hingga kini belum dievakuasi. “Proses penjinakan bom lalu kemudian terduga teroris yang tewas dibawa,” ujarnya.

Ketiga bom tersebut rencananya akan digunakan oleh terduga teroris untuk menyerang anggota polisi yang berjaga di pos polisi saat perayaan akhir tahun nanti.

Kapolda menuturkan, bila pengungkapan terduga teroris di Tangerang Selatan merupakan hasil penangkapan seseorang bernama Adam di Jalan Raya Serpong tadi pagi.

Identitas Adam diperoleh dari keterangan Dian yang sebelumnya ditangkap dalam penggerebekan di Bekasi. [Antara]