Tips menjaga air liur agar sehat selalu

Jakarta (KANALACEH.COM) – Saliva atau air liur sangat bermanfaat untuk membantu proses pencernaan makanan di dalam mulut.

Di sisi lain, saliva dapat pula mempengaruhi kesehatan gigi bila banyak sisa makanan menempel pada sela-sela gigi.

Saliva sangat bermanfaat. Kalau sehat, kualitas saliva bila diperiksa selama 15 menit jumlahnya mencapai 5 ml dan cek pH mencapai 6. Masalah kualitas saliva juga bisa menentukan karies gigi.

Bila jumlah saliva kurang dari 5 ml selama 15 menit dan pH kurang dari 6, berarti orang tersebut berpeluang untuk memiliki karies gigi karena air liurnya kental dan asam.

Indikasi air liur kurang sehat dapat dilihat dari liur di bawah lidah, kalau berbusa bararti kental dan kalau encer lebih baik.

Bila kental, berarti air liur kurang bersih, begitu pula bila asam.

Berikut beberapa tip untuk menjaga air liur tetap sehat:

1. Minum air putih setelah makan agar tidak ada sisa makanan menempel di sela-sela gigi dan minum air sebanyak 2 liter per hari.

2. Pilih makanan yang banyak serat sehingga  mengunyahnya lama dan tidak ada sisa yang menempel di sela-sela gigi.

3. Kurangi makanan mengandung karbohidrat berfermentasi, seperti biskuit, roti, atau cokelat karena  sisa-sisa makanan yang menempel susah dibersihkan. Air liur akan  memproses sisa makanan itu dan mengakibatkan air liur jadi kental dan menyebabkan adanya plak di  sela-sela gigi.

4. Rajin gosok gigi dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Agar tidak malas gosok gigi, maka harus dilatih sejak  sejak kecil. [Tempo]

Related posts