Beli foto tragedi gempa Pijay, Hasanuddin Ishak menangis

Plt Wali Kota Banda Aceh, Ir Hasanuddin MSi terharu saat melihat foto karya Heri Juanda (anggota PFI Aceh) pada pameran dan lelang foto-foto gempa Pidie Jaya, di Taman Putroe Phang, Banda Aceh, Minggu (25/12).

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Plt Wali Kota Banda Aceh, Hasanuddin membeli salah satu foto tragedi gempa Pidie Jaya hasil jepretan anggota Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh milik Heri Juanda, Minggu (25/12) sore pada acara pelelangan foto.

Hasanuddin membelinya dengan harga senilai Rp5 juta. Saat menerima dan menjelaskan mengapa dirinya membeli foto tersebut, Hasanuddin mengucurkan air matanya di hadapan para hadirin.

“Mengapa saya menangis, karena saya teringat kepada ibu saya melihat foto ini, foto ini luar biasa. Saya sudah tidak punya ibu,” ujar Hasanuddin dengan suara terbata-bata.

Foto karya Heri Juanda itu menceritakan seorang ibu yang sedang duduk di salah satu posko pengungsian di Pidie Jaya.

Foto itu diperkuat dengan teknik pengambilan, dimana ibu tersebut hanya terlihat bagian mata dan sedikit wajahnya.

“Hanya bagian wajah yang nampak karena ada sedikit cahaya yang masuk. Mungkin bisa diberi judul masih ada secercah cahaya, artinya adalah meski dilanda musibah masih ada harapan untuk terus melanjutkan hidup ini,” pungkas Heri Juanda.

Sebelumnya PFI Aceh dan PFI Medan menggelar pameran foto di Taman Putroe Phang, Banda Aceh selama tiga hari berturut-turut, Sabtu (24/12) hingga Senin (26/12). Dalam pameran itu, juga ada pelelangan foto.

Sebanyak delapan frame tersebut berhasil dijual dengan total harga mencapai Rp17.417.000. Semua hasil dari pelelangan foto akan disumbangkan ke Pidie Jaya. [Fahzian Aldevan]

Related posts