Petani asal Aceh Jaya meninggal akibat keracunan

Mirza, petani asal Aceh Jaya meninggal dunia akibat keracunan, Sabtu (31/12). (Kanal Aceh/Rajali)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Mirza (27) seorang petani asal Desa Linggan, Kecamatan Sampoiniet, Aceh Jaya meninggal dunia akibat keracunan obat pencegah hama.

Korban menghembuskan nafas terakhir saat tiba di RS Cut Meutia milik PTPN 1 Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (31/12).

Informasi yang dihimpun Kanalaceh.com dari keterangan saksi, Junaidi (36) warga Alue Buloh mengatakan, sebelum meninggal dunia korban sempat melakukan penyemprotan dengan obat pencegah hama di ladang cabai miliknya yang terletak di Paket 14 Dusun Alue Buloh Desa Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara.

Kapolsek Cot Girek, IPDA Amiruddin mengatakan, Mirza sempat sempat meminta pertolongan kepada petani setempat untuk dibawa ke rumah sakit terdekat. Saat itu sang istri, Juliani meminta pertolongan kepada Junaidi.

Junaidi mengaku sempat melihat Mirza sedang berbaring dalam kondisi wajah pucat di gubuk miliknya, selanjutnya Junaidi pun membawa Mirza ke rumah sakit.

“Junaidi pun memberikan pertolongan dini dengan memberikan air perasan jeruk nipis kepada korban. Tak sampai disitu, Junaidi juga memanggil teman lainnya, yaitu Sudarno, Suparto dan Bakri untuk mengupayakan pertolongan,” tambah Amiruddin.

Lanjutnya, Mirza kemudian dibawa ke rumah sakit menggunakan satu unit traktor. Setibanya di rumah sakit tersebut Mirza meninggal dunia.

Hasil keterangan dari pihak medis menyatakan, setibanya di rumah sakit Mirza sempat tak sadarkan diri dan sesak nafas, kejang-kejang, muntah serta mengeluarkan cairan dari mulutnya.

“Kami pihak polisi menduga korban keracunan saat menyemprot tanamannya dengan obat hama sambil merokok,” pungkas Amiruddin.

Hingga menjelang, Sabtu (31/12) magrib tadi, jenazah korban masih di rumah sakit Cut Meutia Cot Girek untuk menunggu jemputan ambulance dari Puskesmas Kecamatan Langkahan untuk di bawa ke kampung halaman duka di Kabupaten Aceh Jaya. [Rajali Samidan]

Related posts