Seekor Gajah ditemukan tinggal tulang

Okezone.com

Lampung (KANALACEH.COM) – Seekor gajah liar berusia dewasa ditemukan tinggal tulang-belulang di kawasan Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung Timur, Lampung. Diperkirakan gajah itu telah mati sekira 15 hari yang lalu.

Kepala Balai TNWK, Subakir mengatakan, gajah liar itu diperkirakan mati karena usia yang sudah tua. Gajah itu ditemukan di Seksi 1 TNWK, sekitar 10 kilometer dari Jalan Lintas Pantai Timur (Jalinpantim) Sumatera.

“Saat ditemukan, kondisinya sudah tulang belulang. Perkiraan sementara mati karena usia,” kata Subakir, Senin (2/1).

Namun, menurut Subakir, pihaknya bersama Polres Lampung Timur masih melakukan penyelidikan atas temuan gajah mati itu. Penyelidikan pertama adalah menentukan jenis kelamin gajah tersebut.

“Diperkirakan sudah mati sejak dua minggu lalu, sehingga saat ditemukan kondisinya sudah tulang belulang,” katanya.

Jika gajah itu berjenis kelamin betina, maka ada kemungkinan penyebab kematian karena usia. Sedangkan jika jenis kelamin gajah itu adalah jantan, hal itu akan diselidiki lebih lanjut, karena ada kemungkinan perburuan liar untuk diambil gadingnya.

Kematian gajah itu, kata Subakir, adalah kematian kedua gajah liar Sumatera. Sebelumnya, seekor anak gajah liar juga ditemukan mati pada awal November 2016 lalu.

Diduga, kematian anak gajah itu karena terinjak oleh induknya sendiri saat kawanan gajah diusir oleh warga. [Okezone]

Related posts