Tiga hari ke depan, cuaca buruk landa Sabang

Ilustrasi cuaca buruk. (Antara Foto)

Sabang (KANALACEH.COM) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) stasiun meteorologi Kota Sabang, memprediksikan akan terjadinya gelombang besar disertai angin kencang di perairan Sabang dan sekitarnya.

Gelombang besar disertai angin kencang tersebut akan melanda perairan Sabang hingga tiga hari ke depan.

Sejak pertengahan Desember 2016, keadaan tersebut sudah mulai dirasakan khususnya untuk perairan timur Sabang. Namun puncaknya sangat dirasakan sejak akhir Desember 2016 lalu hingga tiga hari ke depan.

Hal tersebut disampaikan Kepala BMKG kota Sabang, Siswanto saat dihubungi wartawan, Rabu pagi (4/1).

“Khususnya perairan Sabang-Banda Aceh, sampai tiga hari ke depan, potensi gelombang akan mengalami kenaikan secara signifikan, bisa mencapai 4 meter. Untuk angin secara umum masih dari arah timur,” jelas Siswanto.

Siswanto juga mengimbau kepada operator pelayaran serta nelayan, terutama kapal atau boat kecil, untuk mengingkatkan kewaspadaan, guna terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kepada operator pelayaran, para nelayan, tentu harus meningkatkan kewaspadaannya, terutama kepada kapal- kapal kecil yang tidak dilengkapi dengan sistem komunikasi, ataupun GPS” pintanya.

Keadaan seperti ini acap kali mengakibatkan hal-hal buruk, mulai dari kehilangan kendali kapal-kapal kecil, boat nelayan hanyut, hingga orang hilang, tegas Siswanto. [Diki Arjuna]

Related posts