Dana rekontruksi paskah gempa Pijay capai Rp 1 Triliun

BNPB minta pendataan rehab rekon pasca gempa Pidie Jaya selesai bulan ini
Bangunan Mesjid Quba Pangwa, Desa Kuta, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya yang roboh karena gempa mulai dihancurkan untuk pembangunan kembali, Senin (12/12). (Kanal Aceh/Fahzian)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Pemerintah siap menggelontorkan dana hampir Rp1 triliun untuk membangun kembali kawasan yang hancur akibat gempa Aceh, 7 Desember lalu. Dana rekonstruksi dan rehabilitasi Aceh itu dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2017.

“Saat ini proses inventarisasi dan saya sudah cek tadi angkanya mendekati Rp1 triliun,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani kemarin di Kabupaten Pidie Jaya.

Anggaran akan banyak digunakan untuk pembangunan infrastruktur yang rusak akibat gempa 6,4 skala richter itu.

Sri mengatakan, penyaluran dana tersebut akan dikoordinasikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB). Inventarisasi kebutuhan telah disesuaikan dengan usulan pemerintah daerah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan lembaga terkait lainnya.

Sri berjanji akan segera memproses dana tersebut agar pembangunan kembali kawasan terdampak gempa bisa dimulai secepatnya.

“Pembangunan kembali sarana dan prasarana yang rusak akibat gempa akan dilaksanakan pada 2017 dan dengan selesainya pembangunan kembali nantinya aktivitas kegiatan dapat berjalan normal kembali,” kata Sri.

Gempa bumi 6,4 skala richter mengguncang tiga wilayah di Aceh yakni Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Bireuen, dan Kota Pidie. Akibat gempar, korban tewas mencapai 104 orang dan lebih dari 80 ribu warga mengungsi. Gempa merusak puluhan ribu rumah, tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya. [CNN]

Related posts