Sabang tuan rumah Sail 2017

Sail Sabang 2017 siap digelar
Sail Sabang

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemerintah Pusat menetapkan Sabang sebagai tuan rumah Sail 2017. Event besar ini akan dilaksanakan pada tahun ini berkat kerja sama Pemerintah Kota Sabang dan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) didukung oleh Pemerintah Aceh.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Sabang Zulfi Prnawati saat ditemui Wartawan diruang kerjanya di jalan diponegoro Kuta Ateuh Kecamatan Sukakarya Sabang pada Jumat (06/01).

Dikatakan Zulfi, demi mempercepat pembangunan pariwisata di kota Sabang sebagai destinasi wisata bahari kelas Internasional dan Sabang masuk dalam topten bentang laut (seazone), jadi sangat tepat jika Sabang ditetapkan sebagai tuan rumah Sail 2017.

Berdasarkan keputusan Menteri  Koordinator Bidang Kemaritiman Nomor 28 Tahun 2016 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Sail Sabang Tahun 2017, yang melibatkan 16 Kementrian, Lembaga Pemerintah non Komersial atau pihak lain yang dianggap perlu untuk membentuk panitia Nasional.

Kegiatan Sail Sabang ini juga meliputi acara puncak Sail Sabang 2017 di Kota Sabang, percepatan pembangunan sarana dan prasarana, gerakan bersih pantai diving dan fotografer bawah laut.

Juga mengikutsertakan Badan Usaha milik negara program bina lingkungan dan/atau corporate sosial responsibility, Jambore ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), yacht Rally, International free diving championship, kite surfing exhibition, Sabang wonderful expo dan marine expo, parade nelayan nasional, seni dan budaya, Bike cross country, Olah raga bahari, Pameran potensi daerah, Bhakti sosial dan pelayanan kesehatan, dan kegiatan lain yang disesuaikan perkembangan di daerah.

Zulfi juga mengatakan ini merupakan momen mahal yang diperjuangkan oleh Pemerintah kota Sabang bersama pihak BPKS agar Sabang dapat menjadi tuan rumah Sail Indonesia yang akan diadakan di Sabang tanggal 28 November 2017 sampai dengan 5 Desember 2017.

Direncanakan pada tanggal 2 Desember 2017 tepatnya puncak acara Sail Sabang 2017 akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rangka launching tugu Sail Sabang 2017 dan tugu nol kilometer Indonesia.

Pemerintah Kota Sabang melalui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang mengucapkan terimakasih kepada bapak Indroyono salah satu pejabat pusat yang dalam hal ini sangat membantu proses kegiatan ini sejak awal.

Zulfi berharap kedepannya daerah wisata disabang semakin dikenal, masyarakat Sabang makin sadar akan wisata mau sama-sama bekerja sama membangun pariwisata di Kota Sabang dan juga menjaga kebersihan dilingkungannya masing-masing. [Diki Arjuna]

Related posts