27.2 C
Banda Aceh

BPBA: perlu dilakukan normalisasi setiap sungai yang ada di Aceh

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Salah satu penyebab banjir yang menerjang sebagian wilayah Aceh sepekan lalu ialah, semakin dangkalnya sungai-sungai yang ada di daerah terdampak banjir. Sehingga perlu dilakukan normalisasi.

Hal itu dikatakan oleh kepala badan penanggulangan bencana Aceh (BPBA), Said Rasul, saat ditermui wartawan di ruangannya, Senin (9/1).

Dikatakannya, selain faktor hujan, sungai juga perlu diperhatikan. Sebab, apabila turun hujan dapat dipastikan akan meluap ke pemukiman warga.

- Advertisement -

“Semua sungai di Aceh perlu di normalisasi, karena sudah dangkal semua ini sangat berdampak apabila hujan turun,” sebutnya.

Disamping itu, dari data yang dihimpun kanalaceh.com dari pusat data dan informasi (pusdatin) BPBA, daerah yang dilanda banjir yaitu, Aceh Timur, Aceh Jaya, Aceh Besar, Aceh Barat, Aceh Singkil, Nagan raya dan Aceh selatan.

Daerah yang diterjang banjir tersebut, diantaranya sempat melumpuhkan jalur transportasi seperti di daerah Aceh Singkil, Nagan Raya dan Aceh Besar. Jalur tersebut terpustus lantaran terkikis oleh banjir dan infrastruktur seperti jembatan yang putus diberberapa lokasi.

Kemudian dari data tanggal (9/1) sekitar 60.459 warga terkena dampak langsung, dan yang paling banyak pada banjir yang melanda Aceh Timur mencapai 23.995 korban terdampak. [Randi]

Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Berita Terbaru