Rutin berenang cegah kepikunan di masa tua

(KANALACEH.COM) – Setiap orang tidak boleh melupakan aktivitas fisik, termasuk melakukan olahraga kardio. Karenanya, dibuktikan para ahli, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesehatan otak.

Adapun jenis olahraga kardio yang banyak digemari orang yaitu berenang, jogging, jalan kaki, atau menari. Dalam jangka panjang, manfaatnya mampu mencegah para lansia mengalami demensia maupun alzheimer.

Temuan ini menunjukkan, terjadinya perubahan yang berkaitan dengan usia dalam kinerja memori dan aktivitas otak, sangat tergantung pada tingkat kebugaran seseorang. Orang dewasa yang lebih tua jika melakukan olahraga kardio rutin dalam seminggu, dapat meningkatkan pola aktivitas otak dibandingkan orang yang jarang olahraga.

“Oleh karena itu, mulailah program olahraga tanpa memandang usia seseorang. Manfaatnya tidak hanya bagus untuk kesehatan fisik,tetapi juga tingkatkan memori dan fungsi otak,” kata Scott Hayes, Asisten Profesor di Boston University di Amerika Serikat.

Untuk penelitian ini, tim melibatkan orang sehat dewasa muda dengan usia berkisar 18-31 tahun. Ada juga orang dewasa lansia dengan usia 55-74 tahun. Selama penelitian berjalan, semua responden diminta untuk melakukan treadmill, berenang, main sepeda, dan lainnya.

Orang dewasa yang lebih tua mampu mencetak skor tinggi dalam pengujian kardiorespirasi (CRF). Ini merupakan faktor kesehatan yang dikaitkan dengan kesehatan fisik.

Kemudian, para lansia juga diutus untuk mengingat beberapa memori, seperti nama rekan-rekannya lewat foto. Terbukti, otaknya lebih tajam dalam mengingat saat itu. Demikian dilansir Zeenews, Senin (16/1). [Okezone]

Related posts