Perusahaan asal Turki jajaki pembangkit listrik tenaga angin di Banda Aceh

Ilustrasi - Petugas memeriksa alat Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di kantor Pembangkit Jawa Bali, Jakarta, Selasa (9/8). (Antara)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Perusahaan asal Turki Egeres Enerji menjajaki investasi pembangkit listrik tenaga angin di Kota Banda Aceh.

Managing Director Egeres Enerji, Gunkut Kurtaran mengatakan Egeres Enerji merupakan perusahaan yang mengusung visi energi hijau.

Saat ini, Egeres Enerji sedang dalam tahap finalisasi kerja sama dengan PLN untuk proyek pembangkit listrik tenaga bayu.

“Kedatangan kami ke Banda Aceh untuk meninjau lokasi potensial pembangkit listrik tenaga bayu. Sebagai tahap awal, kami mengecek kondisi pesisir Banda Aceh dan juga sebagian Aceh Besar,” kata dia, dalam pertemuannya dengan Sekretaris Daerah Kota Banda Aceh, Bahagia di Balai Kota Banda Aceh.

Sekretaris Daerah Kota Banda Aceh, Bahagia menyambut baik ketertarikan Egeres Enerji berinvestasi di ibu kota Provinsi Aceh tersebut.

Dia tidak menampik jika sektor kelistrikan masih menjadi kendala pembangunan di Aceh, tak terkecuali Banda Aceh.

“Padahal listrik merupakan kunci masuk bagi investor. Kami tentu sangat mendukung proyek investasi ini. Kami akan menyiapkan data-data awal yang diperlukan Egeres Enerji,” katanya.

Ediwan, perwakilan PT PLN (Persero) Wilayah Aceh yang hadir pada pertemuan itu, menyatakan mendukung proyek energi terbarukan ditawarkan Egeres Enerji.

PLN, kata Ediwan, sangat mendukung dan memang juga telah menjadi komitmen pihaknya dalam hal mengembangkan energi terbarukan di Indonesia.

“Hingga kini, belum ada investasi pembangkit listrik tenaga bayu atau angin di Aceh. Untuk itu, kami sangat membuka diri dan mendukung penuh proyek ini. Jika dibutuhkan, kami siap membantu data-data terkait hal teknis,” ujar Ediwan. [Antara]

Related posts