KIP Aceh Utara gelar bimtek tentang pemungutan dan rekapitulasi perhitungan suara

KIP Aceh Utara gelar bimtek tentang pemungutan dan rekapitulasi perhitungan suara
(ist)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Utara, mengelar simulasi sekaligus bimbingan teknik tentang pemungutan, perhitungan suara dan rekapiltulasi hasil perhitungan suara pada pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur dan Bupati -Wakil Bupati Aceh Utara pada 15 Februari 2017 yang akan datang, di Hotel Lido Graha Lhokseumawe, Sabtu (28/01).

Kegiatan itu di ikuti oleh seluruh ketua dan anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) di 27 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara.

Ketua pokja pemungutan dan perhitungan suara KIP Aceh Utara, M. Sayuni mengatakan simulasi ini dilaksanakan selain sebagai proses pelatihan bagi petugas PPK di lapangan maupun masyarakat terkait sistem pemungutant. Tujuannya, kata dia untuk memberi pemahaman langsung kepada 135 anggota PPK se-Aceh Utara, agar proses pemungutan suara nantinya berjalan sesuai dengan prosedur.

“Dengan ini kita mengharapkan pada saat tahapan pemungutan suara dan sampai proses berikutnya panitia benar-benar dapat memahami, sehingga sesuai dengan harapan,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua PPK Kecamatan Nibong Muktaruddin mengatakan bahwa dengan dilaksanakannya simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini sangat bermanfaat sebagai bekal bagi PPK, PPS, dan KPPS pada pelaksanaan pemilihan yang tinggai beberapa hari lagi. Dari simulasi inilah, lanjutnya, PPK akan melakukan evaluasi terhadap hal-hal yang masih perlu disempurnakan.

“Adanya simulasi ini kita basa melihat proses dan tahapan yang akan dilakukan saat pemungutan maupun penghitungan suara. Materi yang kita pelajari hari ini dan informasi dari simulasi ini nanti akan kita sampaikan kepada PPS dan KPPS,” ujarnya. [Rajali Samidan]

Related posts