Kuota calon mahasiswa jalur SNMPTN Unsyiah 30%

5 Februari, Unsyiah pilih rektor baru
Gedung biro rektor Unsyiah, Banda Aceh.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik Unsyiah yang juga Ketua Panitia Lokal SNMPTN 2017, Dr Hizir menyebutkan untuk kuota penerimaan calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN Unsyiah adalah 30%.

Hal itu disampaikan pada Sosialisasi SNMPTN 2017 di hadapan para kepala sekolah dan operator sekolah wilayah Kabupaten Aceh Besar, Kota Banda Aceh dan Sabang di gedung AAC Dayan Dawood, Jumat (27/1).

“Sedangkan kuota jalur SBMPTN sebanyak 40% dan jalur Mandiri sebanyak 30%,” sebutnya.

Ia menjelaskan, jalur penerimaan mahasiswa SNMPTN 2017 hanya boleh diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017. Sedangkan, jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) boleh diikuti oleh siswa lulusan 2 tahun terakhir sejak tahun 2015.

Hizir meminta dukungan dari pihak sekolah agar tidak mengutak-atik data rapor siswa.

“Masukkan data para siswa berdasarkan data yang sebenarnya tanpa harus diutak-atik,” ucapnya.

Dia mengingatkan agar pihak sekolah dapat mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan benar.

Selanjutnya siswa yang telah mendapat PIN bisa mengakses dan mengecek data mereka masing-masing. Pengisian PDSS akan berakhir pada 10 Februari 2017.

Lalu verifikasi PDSS berlangsung sejak 15 Januari hingga 12 Februari 2017. Sementara pendaftaran SNMPTN akan dimulai pada 21 Februari sampai 6 Maret 2017.

“Unsyiah memiliki tiga jalur masuk, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. SBMPTN tahun ini tersedia melalui Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT),” pungkasnya. [Aidil/rel]

Related posts