Forum Orangutan Aceh tolak rezonasi kawasan TNGL

Forum Orangutan Aceh tolak rezonasi kawasan TNGL
Forum Orangutan Aceh (FORA) menggelar aksi kampanye dalam rangka memperingati Hari Primata Indonesia, Senin (30/1) di Banda Aceh. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Forum Orangutan Aceh (FORA) menggelar aksi kampanye dalam rangka memperingati Hari Primata Indonesia yang jatuh setiap tanggal 30 Januari di Bundaran Simpang Muhammad Jam, Banda Aceh, Senin (30/1).

Aksi ini digelar untuk mengampanyekan penyelamatan habitat primata di seluruh Indonesia, khususnya di Aceh. Ketua Forum Orangutan Aceh, Akmal Qurazi mengatakan mereka akan mengusung tema “Habitat Reuloh Populasi Gadeoh (Selamatkan Habitat Orangutan Tolak Rencana Rezonasi Kawasan Inti Taman Nasional Gunung Leuser Di Kappi).

“Kami menuntut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Indonesia untuk menolak rencana rezonasi kawasan inti TNGL (Taman Nasional Gunung Leuser) di Kappi. Rencana tersebut akan berdampak negatif terhadap lingkungan, Taman Nasional dan satwa-satwa endemik yang hidup disana seperti gajah, harimau, orangutan dan badak sumatera”, ujar Akmal Qurazi.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, Gubernur Aceh, telah menyurati Menteri LHK pada Agustus 2016 lalu untuk mengajukan permohonan perubahan status zona inti daerah Kappi di kawasan TNGL untuk pembangunan energi panas bumi oleh perusahaan Turki.

Kappi merupakan salah satu Kawasan Strategis Nasional yang dilindungi oleh hukum perundang-udangannya sebagai zona inti karena fungsi lingkungannya.

“Ada banyak potensi panas bumi di tempat lain di Aceh yang terletak diluar kawasan hutan lindung. Kami menolak bila Kappi, yang merupakan bagian dari Kawasan Hutan Tropis Sumatra dan Situs Warisan Dunia UNESCO, dihancurkan,” tegas Akmal.

Kegiatan aksi yang diikuti oleh sekitar 50 peserta ini berlangsung damai. Kegiatan ini juga diikuti oleh LSM HakA (Hutan Alam dan Lingkungan Aceh), OIC (Orangutan Inforrmation Centre), FKK (Forum Kolaborasi Komunitas) dan organisasi pecinta alam lain. [Aidil/rel]

Related posts