Jelang pemungutan suara, Kantor Disdukcapil Singkil disesaki warga

Jelang pemungutan suara, Kantor Disdukcapil Singkil disesaki warga
Ilustrasi - Antrian mengurus e-KTP. (Metro Bekasi)

Singkil (KANALACEH.COM) – Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Singkil dalam beberapa hari menjelang hari “H” pemungutan suara Pilkada 2017 disesaki warga untuk mengurus KTP elektronik (e-KTP).

Kepala Bidang Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Aceh Singkil, Syamla kepada wartawan di Singkil, Selasa (31/1) mengatakan, setiap hari kerja sejak ditetapkannya daftar pemilih tetap (DPT) tak kurang dari seratusan orang datang untuk melakukan perekaman E-KTP.

“Sejak ditetapkan DPT hingga saat ini sudah ada 6.000 orang yang melakukan perekaman E-KTP. Untuk mendapatkan surat keterangan, rata-rata seratus setiap hari,” kata Syamla.

Dikatakan, warga yang datang mayoritas mengurus KTP pemula yakni pemuda pemudi. Mereka datang  telah memenuhi persyaratan untuk mendapatkan KTP, sehingga tidak ada alasan untuk tidak dilayani.

“Semua yang datang diperkirakan belum masuk DPT, barang kali ada yang sudah masuk tapi mereka hanya mengambil surat keterangan saja,” ujarnya.

Syamlah menegaskan dalam mengeluarkan KTP atau surat kependudukan lainnya, pihaknya tak ada kaitan dengan pelaksanaan Pilkada, sebab memang sudah menjadi tugas untuk mengurusi adminitrasi kependudukan, sehingga selagi yang datang cukup administrasi maka tetap wajib diproses.

“Yang pasti tugas kami hanya mengeluarkan administrasi penduduk, soal jumlah DPT itu ranahnya KIP, bukan ranah kami. Jadi kalau ada yang takut jumlah surat suara nanti  tidak cukup, karena cadangan hanya 2,5 persen dari DPT, itu bukan kewenangan kami,” kata Syamla. [Antara]

Related posts