Piala Presiden, pemain muda harus dimainkan 45 menit per laga

Piala Presiden, pemain muda harus dimainkan 45 menit per laga
Lambang Piala Presiden.

Jakarta (KANALACEH.COM) – PSSI memberikan aturan agar para pemain yang berusia 23 ke bawah harus dimainkan sedikit-dikitnya 45 menit per laga dalam ajang Piala Presiden 2017.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden 2017, Iwan Budianto di Jakarta, Selasa (31/1).

Iwan menjelaskan, durasi 45 menit ini tidak harus dalam satu babak. Pemain U-23 bisa saja masuk lapangan di tengah-tengah pertandingan, asalkan jumlah menit bermainnya sama dengan 45 menit.

“Itu karena kompetisi ini juga dimanfaatkan untuk melihat bakat pesepak bola usia muda calon pemain tim nasional,” ujar Iwan.

PSSI sendiri menetapkan regulasi Piala Presiden 2017 hampir sama dengan aturan yang akan diterapkan pada kompetisi sepak bola Indonesia yang akan digulirkan mulai 26 Maret 2017.

Salah satu yang serupa adalah setiap klub wajib mengontrak lima pemain U-23 dan harus menurunkan tiga di antaranya.

“Semangatnya adalah mencari potensi untuk tim nasional. Jadi kalau misalnya ada yang cedera, pemain U-23 bisa tidak dimainkan asal ada surat keterangan dokter. Namun kalau terkena akumulasi kartu kuning atau merah, kewajiban tersebut bisa gugur,” kata Iwan, yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Ketua Umum PSSI.

Adapun hal yang berbeda dalam aturan Piala Presiden dan kompetisi sepak bola kelak adalah tentang pemain asing. Iwan mengungkapkan dalam Piala Presiden setiap klub bebas mendaftarkan berapapun jumlahnya, bahkan bisa mencapai 50 persen dari maksimal pemain yang dibawa yaitu 30 orang.

Aturan ini sengaja diperlonggar dari ketentuan kompetisi yang mengharuskan tim memiliki hanya tiga pemain asing (aturan dua plus satu), dua dari luar negeri non-Asia dan satu dari Asia.

Pembebasan pemain asing di Piala Presiden, kata Iwan, sebagai ajang seleksi klub atas pemain asing untuk memenuhi aturan tiga pemain.

Namun, tak serta merta para pemain asing yang didaftarkan itu bisa bermain di sebuah laga Piala Presiden 2017.

“Walau bisa mendaftarkan dalam jumlah banyak, yang boleh bermain maksimal tiga orang, dua plus satu. Mereka tidak harus dikontrak, bertanding dengan visa saja tidak apa-apa,” tutur Iwan.

Turnamen pra-musim ini dimulai pada Sabtu (4/2) ditandai dengan sepak mula di Stadion Maguwoharjo, Sleman dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Turnamen ini akan berakhir pada 12 Maret 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Piala Presiden 2017 diikuti 20 klub, di mana 18 klub merupakan klub Indonesia Super League (ISL) dan sisanya adalah juara serta runner up Divisi Utama.

Tim-tim yang berpartisipasi bergabung dalam lima grup, yang akan bermain di lima stadion berbeda yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Lima stadion tuan rumah itu adalah Stadion Maguwaharjo, Sleman; Stadion Kanjuruhan, Malang; Stadion Jalak Harupat, Bandung; Stadion Kapten I Wayan Dipta, Denpasar; dan Stadion Gelora Bangkalan, Madura.

Juara Piala Presiden 2017 nantinya menerima hadiah sebesar Rp3 miliar, peringkat kedua mendapat Rp2 miliar, peringkat ketiga Rp1 miliar, dan peringkat keempat Rp500 juta. [CNN]

Related posts