Besok, pengganti surat suara yang rusak akan tiba di Banda Aceh
Surat suara yang sudah dilipat di KIP Banda Aceh. (Kanal Aceh/Randi)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sejumlah 219 surat suara yang rusak di KIP Banda Aceh dijadwalkan akan tiba besok, Kamis (9/2) di Banda Aceh dari percetakan surat suara di Surabaya.

Komisioner KIP Banda Aceh bidang logistik, Ranisah mengatakan awalnya surat suara rusak dan kekurangan tersebut sejumlah 510. Namun, ketika di hitung ulang hanya 219 lembar kertas suara rusak untuk pemilihan walikota Banda Aceh.

“Proses mencetak ulang sudah dilakukan oleh pak ketua KIP di Surabaya. Insya Allah kertas suaranya besok sudah datang,” katanya saat ditemui di kantor KIP Banda Aceh, Rabu (8/1).

Ads

Dikatakannya, kerusakan itu berasal dari percetakan dan salah potong, Seperti robek, dan salah cetak. Sehingga, setelah berkonsultasi dengan Panwaslih, pihaknya akhirnya menukar kembali kertas suara yang rusak.

Penukaran itu, lanjutnya, juga di kawal ketat oleh pihak keamanan yang ikut mendampingi pihak KIP dan Panwaslih Banda Aceh. Sementara surat suara yang rusak untuk pemilihan Gubernur sementara masih berjumlah 31.

Namun, pihaknya masih ingin mengitung ulang agar jumlahnya lebih tepat. “Kalau surat suara Gubernur masih 31 lembar, tapi kami ingin hitung ulang agar lebih teliti dan selektif. Nanti kita laporkan data kerusakannya,” katanya.

Disamping itu, untuk keperluan logistik menjelang hari pencoblosan pihaknya mengaku sudah siap. Ia menyebutkan, tanggal 10 surat suara tersebut akan di packing, selanjutnya tanggal 14 akan di distribusikan ke TPS.

Saat ini, kata dia, KIP Banda Aceh hanya menunggu hologram dari Provinsi kemudian keperluan lainnya yang masih kurang. “Selainnya sudah siap. Tinggal kita menunggu kekurangan keperluan lainnya yang sudah dilaporkan ke Provinsi,” ujarnya.

Diketahui, jumlah surat suara untuk pilkada di Banda Aceh sejumlah 155.082 lembar, nantinya akan di sebar di semua TPS dalam sembilan Kecamatan yang berada di wilayah Kota Banda Aceh. [Randi]