Sektor kesehatan fokus utama Sarjani-Iriawan

Sektor kesehatan fokus utama Sarjani-Iriawan
RSU Tgk Chik di Tiro Sigli, Pidie. (Google)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sektor kesehatan merupakan fokus utama pemerintahan yang dipimpin oleh Sarjani Abdullah-Iriawan pada periode lalu. Peningkatan kesehatan terus dioptimalkan dengan menaikkan layanan baik sarana dan prasarana kesehatan di Kabupaten Pidie.

Dalam buku saku tentang Mengenal Calon Bupati dan Wakil Bupati Pidie periode 2017-2022, Sarjani Abdullah-M Iriawan disebutkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat Pidie meningkat dalam menggunakan layanan rumah sakit. Dari 2012 hingga 2014, tingkat kepercayaan bertambah dari 7,06 % naik menjadi 16,55 %.

Lalu, untuk penambahan dokter juga naik, dari 9,12 % pada 2012 lalu bertambah menjadi 13.52 % pada 2014.

Dan yang paling dirasakan masyarakat Pidie adalah naiknya status Rumah Sakit umum Tgk Chik di Tiro Kabupaten Pidie dari bertipe C menjadi bertipe B.

Atas dasar itu, masyarakat lebih menggunakan layanan di rumah sakit disamping menggunakan Pustu atau Puskesmas sebagai tujuan utama pelayanan karena mekanisme pemerintah menerapkan seperti itu dalam pelayanan kesehatan yang berbasis kemasyarakatan (BPJS, Jamkesmas, dan lain-lain.

Ketua KNPI Pidie, Zuhri MS menilai bahwa pelayanan kesehatan, pelayanan di Kabupaten Pidie sudah baik tetapi masih perlu ada penambahan sehingga bisa lebih maksimal.

“Sejak awal kepemimpinan Pak Sarjani dan Pak Iriawan sudah mencanangkan fokus pembangunan salah satunya kesehatan. Ini langsung direspon dengan menaikkan tipe rumah sakit serta mengganti nama rumah sakit kabupaten di Sigli menjadi rumah sakit Tgk Chik di Tiro,” ujar Zuhri. (***)

Related posts