Darwis Triadi isi workshop foto di Langsa

Darwis Triadi isi workshop foto di Langsa
Darwis Triadi memberikan materi fotografi di Langsa, Jumat (17/2). (Ist)

Langsa (KANALACEH.COM) – Darwis Triadi, Profesional Fotografer dari Jakarta mengisi materi workshop fotografi di Langsa, Jumat (17/2). Workshop bertema ‘soul of the light and black white‘ tersebut digelar oleh Istana Photo Langsa.

Ketua Panitia, Dedek Purnama, mengatakan, workshop tersebut diikuti oleh lima puluhan fotografer yang berasal dari beberapa daerah. Di antaranya Kota Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Aceh Utara, Bireun, Pidie hingga Kota Banda Aceh.

“Selain juga ada peserta dari Medan yang ikut workshop ini,” ujar Dedek.

Bersama Darwis Triadi, ikut pula penata lightingnya, Agus yang berasal dari Bireuen Aceh, dan Asad Sungkar, fotografer professional asal Kota Solo.

Darwis bersama rekannya mengajari para fotografer Aceh dan Sumatera Utara tersebut dalam dua sesi. Sesi pertama adalah materi tata lampu dan praktik foto studio.

Sementara sesi dua pada siang hari merupakan sesi pemotretan outdoor, dimana peserta diajak mempraktrekkan materi yang didapat di Taman Hutan Kota Langsa.

Dedek menyebutkan, pihaknya bersama panitia lainnya, mendatangkan Darwis Triadi, atas dasar pengalaman Darwis yang telah berkiprah sebagai fotografer selama puluhan tahun. Darwis dianggap bisa menjadi orang yang bisa mentransferkan ilmu tentang fotografi bagi fotografer di Aceh.

“Kita berharap apa yang diajarkan oleh Om Darwis bisa menjadi ilmu yang nantinya bisa dipraktekkan oleh peserta untuk menunjang karir fotografi mereka,” kata Dedek Purnama.

Dedek menambahkan, dengan dihadirkannya fotografer nasional ke Aceh, bisa menjadi pelecut bagi fotografer lokal untuk terus belajar dan berkarir dengan profesional pula.

Sementara itu, Babe, sapaan Pendiri Sekolah Fotogarfi Darwis Triadi Foto School, tersebut mengagumi semangat belajar para peserta. Hal itu dibuktikan dengan antusiasme fotografer yang ikut serta dan juga keaktifan mereka dalam bertanya seputar materi yang diberikan.

“Saya berharap apa yang mereka cari (ilmu fotografi) tidak hanya berhenti di sini. Terus gali dengan memperbanyak pengalaman memotret,” ujar Darwis Triadi.

Darwis juga meminta para peserta bisa terus mengembangkan dirinya menjadi lebih kreatif dan berinovasi dalam berkarya.

“Kita hanya memberikan apa yang mereka tidak tahu. Maju dan tidaknya mereka tergantung dari mereka,” ujar Darwis Triadi.

Edo Rumoh Photo, salah satu peserta berharap pelatihan seperti itu bisa rutin dilakukan di Aceh. Even demikian disamping sebagai ajang menambahkan wawasan juga sekaligus menjadi salah satu momentum silaturrahmi fotografer di Aceh. [Fahzian Aldevan]

Related posts