Banjir kembali landa Aceh Singkil

Lima desa di Aceh Selatan direndam banjir
Dokumentasi - Banjir . (ist)

Singkil (KANALACEH.COM) – Tujuh desa di Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil, terendam banjir akibat meluapnya Sungai Lae Cinendang menyusul hujan lebat yang melanda wilayah itu dalam dua hari terakhir.

Sekretaris Desa Ujung Limus, Basri saat dihubungi di desanya, Selasa (21/2) mengatakan warganya sudah terkepung oleh air tidak bisa ke mana-mana lagi selain menggunakan sampan atau robin.

“Rumah kami sejauh ini terendam sejengkal dari permukaan lantai,” ujarnya.

Tujuh desa yang terendam banjir yakni, selain Desa Ujung Limus, juga Desa Silatong, Tanjung Mas, Lae Riman, Cibubukan, Serasah dan Desa Lipat Kajang.

Ia berharap agar pemerintah segera memberi bantuan makanan kepada warga, karena mereka tidak bisa lagi membeli makanan.

Selain itu banjir juga merendam ruas jalan nasional Aceh Singkil- Kota Subulussalam tepatnya di kawasan Desa Silatong, sehingga sebagian kendaraan roda dua dan empat mulai enggan melintas, karena genangan air sudah mencapai 40 Cm dan deras, kecuali truk besar, sehingga antrian panjang di seputaran Silatong terus terjadi.

Bahkan sudah ada satu unit mobil pick up yang terperosok ke tepi jalan akibat derasnya arus air.

Pengguna roda dua lebih banyak memakai jasa transportasi becak barang roda tiga untuk melintasi genangan banjir itu.

“Dengan meluapnya Sungai Lae Cinendang ini, mengakibatkan jalan nasional terendam, sehingga kendaraan harus berhati-hati melintas. Kalau tidak hati-hati mesin mobil bisa mati di tengah badan jalan yang terendam banjir,” ungkap Wahyu, pengendara truk yang hendak menuju ke arah Singkil.

“Sejauh ini memang masih bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, tapi mesti hati-hati,” katanya. [Antara]

Related posts