Babinsa bantu petani di Pintu Rime Gayo bersihkan rumput liar

Petani Aceh Utara tanam padi sebelum Ramadhan
(Ist)
--Ads--
loading...

Redelong (KANALACEH.COM) – Dalam rangka menyukseskan swasembada  pangan nasional yang diprogramkan oleh pemerintah, Babinsa Koramil-09/PRG Kodim 0106/Aceh Tengah membantu  petani membersihkan gulma (rumput liar) di kawasan tanaman padi milik petani seluas 3 hektare di Desa Blang Rakal, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Bener Meriah, Jum’at (24/2).

Danramil-09/PRG Kapten Inf Trimo menjelaskan, gulma atau rumput liar merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu produktivitas tanaman padi yang kehadirannya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman.

Ia menjelaskan macam-macam gulma pada tanaman padi ini biasanya berbentuk rumput yang menyerupai padi, atau sering disebut ‘jawan padi’. Jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur.

Ads

Kapten Inf Trimo juga mengatakan,  pembersihan gulma ini bertujuan agar tanaman padi bisa tumbuh normal tanpa ada saingan atau sejenis parasit yang merugikan tanaman padi tersebut.

“Setiap tanaman memerlukan perawatan dan pemeliharaan, tak terkecuali pada tanaman padi, di antaranya adalah pemupukan, penyemprotan hama, atau pembersihan gulma,” ungkapnya.

“TNI, khusus Babinsa akan terus mendampingi petani  setiap saat untuk mewujudkan swasembada pangan nasional  yang berkwalitas,” kata Trimo. [Aidil/rel]