Tahun 2017, kuota haji Aceh bertambah 1.282 jamaah

Ini orang Indonesia pertama yang jadi Imam Masjid al-Haram
Ilustrasi -Jamaah haji mengeliling Ka’bah di Mekkah, Saudi Arabia. (AP)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, M Daud Pakeh mengatakan pada tahun 2017 jumlah kuota haji Aceh mengalami penambahan dari tahun sebelumnya.

Pada tahun ini kuota haji Aceh berjumlah 4.393 orang dan termasuk di dalamnya 34 orang TPHD, sedangkan secara nasional kuota haji Indonesia tahun 2017 berjumlah 221.000 orang.

Hal tersebut dikatakan Daud Pakeh, sesuai dengan jumlah yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 75 tahun 2017 tentang penetapan kuota haji 1438 H.

“Untuk tahun ini kuota haji Aceh bertambah 1.282 orang atau sekitar 41,2 persen dari tahun sebelumnya, kita sangat bersyukur atas penambahan ini, sehingga mengurangi masa tunggu jamaah haji Aceh,” ujar Daud Pakeh, Rabu (1/3) di ruangannya.

Dengan adanya penambahan ini, dia mengumbau kepada masyarakat Aceh yang termasuk dalam estinasi nomor porsi berangkat pada tahun ini untuk mempersiapkan diri mulai dari pembuatan paspor, pemeriksaaan kesehatan di puskesmas dan belajar manasik haji.

Kemudian Daud Pakeh menambahkan pada tahun 2016 lalu nomor porsi yang terakhir berangkat adalah 100047675, sedangkan untuk nomor porsi tahun ini masih menunggu informasi lebih lanjut dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji terpadu (SISKOHAT) Pusat.

“Sedangkan untuk proses pembuatan paspor pada tahun ini sama dengan tahun sebelumnya, yaitu dapat dilakukan secara perorangan/mandiri atau kolektif dengan menggunakan biaya sendiri terlebih dahulu dan biaya tersebut akan dikembalikan pada saat jamaah berada di asrama Haji Embarkasi Aceh menjelang keberangkatan ke tanah suci,” jelasnya.

Sampai saat ini Rabu (1/3) kemarin, jamaah calon haji Aceh yang sudah mendaftar dan mendapat porsi (waiting list) untuk musim haji yang akan datang berjumlah 86.745 orang.

Seperti diketahui, pada tahun 2016, jumlah kuota haji Aceh sebanyak 3111 Orang, sebelumnya kuota Haji Aceh pada saat kuota normal berjumlah 3888 Jamaah dan pada tahun 2017 in kuota haji Aceh menjadi 4.393 Orang. [Fahzian Aldevan]

Related posts