Tips mencegah nyeri sendi akibat terlalu lama berdiri

Tips mencegah nyeri sendi akibat terlalu lama berdiri
Ilustrasi - Berdiri.
--Ads--
loading...

Jakarta (KANALACEH COM) – Berdiri terlalu lama bisa membebani persendian dan menyebabkan nyeri di bagian tersebut. Ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegahnya, jika memang terpaksa harus berdiri lama.

Beberapa jenis pekerjaan seperti front officer memang tidak selalu memungkinkan untuk sering-sering duduk. Pada kondisi tertentu seperti berada di angkutan umum pada jam-jam sibuk, berdiri dalam waktu lama juga terkadang tidak bisa dihindari.

“Lakukan knee bend, tekuk salah satu lutut, agar tulang belakang rileks. Lakukan selama 10 detik, lalu bergantian dengan lutut yang lain,” saran praktisi kesehatan dr Ade Tobing, SpKO dalam temu media di Kantor Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (2/3).

Ads
loading...

Jika memungkinkan, gunakan dingklik atau kursi pendek untuk meletakkan salah satu kaki secara bergantian. Selain itu, jaga postur agar tidak membungkuk karena akan membuat sendi-sendi terutama di tulang belakang semakin terbebani.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menyebut sekitar 25 persen orang Indonesia pernah mengalami masalah sendi. Pada orang-orang dengan gaya hidup sedentary atau kurang gerak, penyebabnya antara lain postur yang salah saat duduk dan berdiri.

Sedangkan pada orang-orang yang aktif bergerak, nyeri sendi bisa terjadi akibat mengangkat beban yang terlalu berat. Menggunakan high heels atau sepatu hak tinggi juga bisa memicu nyeri sendi, demikian juga dengan memutar badan secara menghentak. [Detik]

Ads