Mahasiswa Unsyiah lepas 120 tukik ke laut
Ilustrasi - Ratusan warga menyaksikan pelepasan Tukik (Anak Penyu) di Pantai Kuala Cut, Aceh Besar, (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan).
--Ads--
loading...

Aceh Besar (KANALACCEH.COM) – Sebanyak 40 Tukik (Anak Penyu) dilepaskan di Pantai Kuala Cut, Lhoknga, Aceh Besar, Sabtu (18/3) sore. 40 tukik yang dilepas itu merupakan hasil penangkaran 45 hari di kawasan tersebut.

“Sebenarnya ada 6o tukik, namun saat penangkaran hanya 40 yang terselamatkan,” kata ketua penyelenggara, Fahrizal Mahyeddin kepada Wartawan usai acara pelepasan tukik tersebut.

Fahri menjelaskan, tukik yang dilepas kembali ke laut merupakan tukik jenis Lekang dan tidak jauh ditemukan di kawasan pantai Kuala Cut. Ia beralasan, pelepasan dilakukan saat akhir pekan hanya untuk menarik masyarakat supaya tertarik terhadap penyu tersebut.

Ads

“Jadi ada edukasinya, sekaligus bisa menikmati akhir pekan juga bersama keluarga,” kata Fahri.

Fahri berharap, masyarakat lebih sadar terhadap perlindungan satwa yang sudah mulai langka itu. “Setidaknya masyarakat tidak mengkonsumsi lagi telurnya, dan memberikan kesempatan menetes agar bisa bermain di laut,” katanya.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada pemburu penyu agar menghentikan kebiasaannya, karena satwa ini hampir punah, dan juga mengajak masyarakat untuk melestarikannya.

“Semoga para pemburu penyu tidak melakukannya lagi, apalagi saat ini penyu ini hampir punah, jadi kalau bukan kita sendiri yang jaga siapa lagi,” harapnya.

Pantauan Kanalaceh.com dilokasi, sore itu ratusan warga ikut menyaksiksan prosesi pelepasan anak penyu tersebut, yang dilepaskan sekira pukul 17.00 WIB sore. terlihat juga beberapa wisatawan luar juga ikut berpartisipasi. [Fahzian Aldevan]

Ads